Orang sukses tanpa pendidikan tinggi, seperti Bob Sadino, Steve Jobs, atau Susi Pudjiastuti jarang-jarang ada. Bisa jadi orang-orang semacam mereka hanya 1000:1 di dunia ini. Meski tak menutup kemungkinan pula di era kemajuan teknologi seperti sekarang, ilmu tidak hanya bisa diperoleh lewat bangku sekolah, namun bisa dari mana saja.

Di era yang juga kian kompetitif, gelar pendidikan tinggi memang masih dianggap penting, meski sebagian lagi menganggap itu hanya status belaka. Mampu menyelesaikan kuliah selama belajar dengan sungguh-sungguh adalah pencapaian tersendiri yang tentu akan dirasa manfaatnya ke depan, di antaranya mampu berpikir kritis dan sistematis.

Berikut beberapa manfaat lainnya jika kamu mengenyam pendidikan di bangku kuliah dengan baik.

1. Mendapat penghasilan layak

Ini 5 alasan gelar sarjana bisa bantu perkembangan karier kamu

Tak bisa dimungkiri jika pendidikan yang baik semestinya juga bisa membuat lulusannya mendapat pekerjaan dan penghasilan layak atau lebih baik. Perusahaan-perusahaan besar selalu mencari lulusan dengan nilai baik. Jika cukup beruntung, maka kamu pun bisa mendapat peluang menempati posisi cukup tinggi di perusahaan top nasional atau multinasional.


2. Banyak peluang

Ini 5 alasan gelar sarjana bisa bantu perkembangan karier kamu

Memiliki gelar yang baik dalam pendidikan sudah tentu akan membantu kamu lebih banyak dalam mendapat peluang. Bahkan, kamu bisa mendapat peluang terbaik dalam hidup melalui promosi. Kemampuan kamu pun tak akan dibatasi oleh satu profil atau pekerjaan saja.


3. Keterampilan berpikir

Ini 5 alasan gelar sarjana bisa bantu perkembangan karier kamu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gelar sarjana atau pendidikan tinggi akan membantu seseorang meningkatkan kemampuan berpikir. Keterampilan berpikir yang baik tentu akan membantu kamu meraih sukses dalam bidang apa pun yang diingingkan dalam hidup. Selain itu, memiliki keterampilan berpikir yang baik juga akan mendorong lahirnya ide-ide dalam cemerlang hidup.


4. Kepuasan pribadi

Ini 5 alasan gelar sarjana bisa bantu perkembangan karier kamu

Pendidikan merupakan hal sangat penting dalam hidup. Jadi, memiliki gelar sarjana juga akan mendatangkan kepuasan pribadi. Bagaimanapun juga, bertahun-tahun menjalani studi dan ujian, dan akhirnya kala kamu mendapat gelar, tentunya jadi momentum dan pencapaian berharga.


5. Kemampuan mengubah dunia

Ini 5 alasan gelar sarjana bisa bantu perkembangan karier kamu

Gelar pendidikan tinggi semestinya akan membuat seseorang berpikir lebih baik dalam hidup. Tak mesti harus bergantung pada pekerjaan yang disediakan, kamu pun bisa menjadi agen perubahan dan inovator di lingkungan sekitar. Misalnya, dengan gelar dokter, insinyur, psikologi, sosial, ekonomi dan sebagainya, semua bisa menjadi agen perubahan!