×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 manfaat berendam air es yang jarang diketahui

0

Kesehatan

Ini 4 manfaat berendam air es yang jarang diketahui

Berendam di air es bukanlah hal lazim bagi masyarakat pada umumnya. Namun banyak atlet yang memilih berendam di air es selesai latihan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

18 / 09 / 2019 14:35

 

Banyak orang yang lebih memilih untuk mandi air hangat daripada air dingin. Lalu bagaimana dengan air es? Kamu mungkin berpikir, untuk apa mandi dengan air es? Padahal, mandi air es dapat memberikan beberapa dampak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tak jarang para atlet memilih mandi dengan air es untuk menyegarkan tubuhnya.

Kamu mungkin pernah melihat tayangan atlet yang berendam di air es. Hal ini pun membuat kamu bertanya-tanya, mengapa para atlet memilih untuk berendam di air es? Berendam di air es biasanya dilakukan atlet setelah melakukan latihan atau olahraga. Bukan sembarang berendam, ternyata berendam di dalam air es memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh. 

1. Membantu meringankan pikiran.

Mandi atau berendam dengan air es dapat membantumu untuk mendinginkan pikiran. Hal ini tentunya sangat cocok untuk dilakukan ketika kamu memiliki pikiran yang kacau atau bagi kamu yang sedang mengalami stres.

Loading...

Sensasi dingin yang didapatkan dari air es dapat membantu menstimulus saraf-saraf stres lainnya dan menciptakan reaksi tubuh yang baru, sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan baik. Namun sebaiknya kamu jangan berlama-lama berendam di air es, sebab proses tersebut akan hilang jika kamu terlalu lama berendam.

2. Membantu tubuh agar rileks.

Berendam di air es dapat membantu mengurangi rasa lelah setelah berolahraga maupun beraktivitas. Suhu dingin pada air es dapat membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks. Selain itu, berendam di air es juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada otot serta dapat memperlancar proses peredaran darah.

3. Sebagai penghilang rasa sakit alami.

Sering kali ketika seseorang memiliki luka memar di tubuh, ia akan mengompresnya dengan es batu. Hal ini disebabkan karena es batu dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak. Maka dari itu, berendam dalam air es merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit secara alami.

4. Menghaluskan kulit dan rambut.

Air es juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut secara alami. Pasalnya, air dingin dapat mengencangkan kutikula kulit dan rambut dengan cara mengerutkan pembuluh darah. Hal ini membuat pori-pori kulit menutup sehingga tidak ada kotoran yang masuk. Kulit wajah dan rambut pun akan terasa lebih halus. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang sering kali menggunakan es batu untuk merawat kulit agar lebih halus dan sehat.

Namun, terlepas dari beberapa manfaat berendam di air es yang telah disebutkan di atas, tidak semua orang bisa mandi atau berendam dengan air es. Jika kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya tidak coba-coba untuk berendam atau mandi dengan air es. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Selain itu, berendam di air es juga dapat meningkatkan risiko hypotermia, di mana suhu tubuh berada di bawah rata-rata. Maka dari itu, sebaiknya berendam dalam air es dilakukan tidak lebih dari 15 menit.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red