Ruang penyimpanan data di ponsel berbasis android dan tablet bisa dengan cepat penuh begitu kamu mengunduh aplikasi baru, menambah file media, seperti musik dan film serta menumpuknya data tersembunyi (cached) saat offline. Banyak di antara pengguna ponsel pintar android hanya memiliki sedikit gigabite ruang penyimpanan, dan tentunya ini akan menjadi masalah.

Semakin kecil ruang penyimpanan yang dipunya, semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk mengatur penyimpanan internal.

Jika kamu punya masalah rutin terkait itu, maka pertimbangkan untuk membeli ponsel atau tablet dengan ruang penyimpanan besar lain waktu.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membebaskan ruang penyimpanan data agar tidak menghambat aktivitas kamu;

Gunakan Built-in Storage Tool Android

3 Cara jitu bebaskan ruang penyimpanan data Android

Versi teranyar android sebetulnya sudah dilengkapi panel penyimpanan yang akan menunjukkan seberapa banyak sisa ruang penyimpanan di perangkat tersebut. Untuk menemukannya, cukup buka pengaturan (settings) dan pilih storage. Di sana, kamu bisa melihat aplikasi dan file mana yang paling banyak menggerus ruang penyimpanan. Pilih tombol download untuk melihat daftar unduhan di mana kamu bisa memindahkan file dan data tersembunyi lainnya di semua aplikasi yang dipasang. Kamu bisa menghapus file yang sudah tak diperlukan lagi.

Tambahkan SD card dan pindahkan data ke sana

3 Cara jitu bebaskan ruang penyimpanan data Android

Jika ponsel atau tablet kamu belum memiliki slot kartu microSD, kamu bisa membelinya dulu dan memasukkannya ke perangkat yang dimiliki untuk menambah penyimpanan. Beberapa aplikasi juga membolehkan kamu memindahkan lokasi data tersembunyi (cache) ke SD card. Jika perangkat kamu telah memiliki SD card, maka ini pilihan baik jika kamu mau menambah penyimpanan.

Pindahkan foto ke Cloud

3 Cara jitu bebaskan ruang penyimpanan data Android

Tak bisa dimungkiri jika kamu tergabung dalam grup-grup aplikasi chatting, seperti Whatsapp dan Line, maka kemungkinan besar foto-foto dalam gallery pun akan bertambah banyak. Foto bisa mengambil ruang penyimpanan yang banyak bagi ponsel-ponsel pintar modern.

Daripada disimpan di ponsel yang cuma memenuhi kuota, lebih baik gunakan aplikasi yang secara otomatis menggunggah foto yang kamu ambil ke akun online atau cloud, seperti Google Photos, Dropbox, Microsoft OneDrive, Flickr dan lainnya.

Trik yang sama juga bisa dilakukan untuk file lainnya, misalnya kamu ingin unggah koleksi musik yang bakal memakan kapasitas cukup besar, maka kamu bisa gunakan Google Play Music dan mendengarkannya saat terhubung ke internet.