Pernahkah kamu mencium aroma tak sedap pada mobilmu? Ditambah lagi jika mobilmu dalam keadaan kotor, sudah bisa dipastikan suasana mobilmu akan jadi sangat tak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk menjaga kesegaran hawa dalam mobil tak harus melulu dengan parfum. Bahkan beberapa parfum yang terlalu pekat justru terkadang membuat mual. Sebagai solusi pengganti parfum atau wewangian sintetis lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menciptakan suasana hawa dalam mobil kesayanganmu lebih nyaman dan tentunya wangi. Dirangkum oleh Carsome, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat membuat mobilmu tetap wangi.

1. Kopi.

Bahan alami ini bisa buat mobilmu tetap wangi lho, nyaman dan murah

Salah satu bahan alami yang paling sering keluar di mesin pencarian Google adalah biji kopi. Menghilangkan bau-bauan dengan aroma kopi memang sudah lazim ditemui dan terkenal ampuh. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau dengan kopi terutama yang berbentuk bubuk. Pertama, kamu bisa menaburkannya langsung di sumber bau. Kedua, kamu bisa tempatkan bubuk kopi itu dalam wadah dan menaruhnya di sumber bau.

2. Irisan daun pandan.

Bahan alami ini bisa buat mobilmu tetap wangi lho, nyaman dan murah

Selain kopi, irisan daun pandan juga dapat kamu gunakan untuk hilangkan bau tak sedap pada mobilmu. Menggunakan bahan alami tak hanya dapat menghindarkan kamu dari resiko penyakit pernafasan yang diakibatkan oleh pemakaian pewangi sintetis kimiawi, tapi juga lebih hemat untuk kantongmu lho!

3. Sereh.

Bahan alami ini bisa buat mobilmu tetap wangi lho, nyaman dan murah

Sereh juga dapat digunakan sebagai bahan pengharum mobil bagi kamu yang suka. Di dalam sereh terkandung minyak atsiri yang bermanfaat meningkatkan fungsi sistem saraf. Minyaknya gampang keluar dan teroksidasi dengan udara. Semakin teroksidasi, semakin segar baunya. Cara penggunaannya adalah cukup ambil 20-25 tangkai sereh dan patahkan, lalu simpan di bawah jok.

4. Bunga melati.

Bahan alami ini bisa buat mobilmu tetap wangi lho, nyaman dan murah

Bunga melatisihsudah terkenal ya dengan wanginya yang khas. Bunga ini mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga Rp30-40 ribu per kg. Untuk mewangikan kabin mobilmu, cukup pakai seperempat kilogram dan tebarkan di bawah jok penumpang. Bunga ini memiliki wangi yang berfungsi sebagai aromaterapi yang efektif mengendurkan saraf yang kencang, kecemasan, dan gangguan pada saraf.

5. Bunga Kenanga.

Bahan alami ini bisa buat mobilmu tetap wangi lho, nyaman dan murah

Bunga Kenanga juga bisa lho kamu jadikan pewangi mobil. Daun Kenanga tunggal setangkai, berbentuk bulat telur dengan pangkal daun mirip jantung. Kenanga memiliki minyak atsiri yang wanginya mengandung beberapa unsur penting seperti eugenol, linalool, dan geranio sebagai insektisida alami.

Nah itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu pilih sebagai alternatif wewangian pada mobilmu. Selain bermanfaat bagi kesehatan pernafasan, memakai bahan-bahan alami sebagai pewangi mobil juga bisa membuatmu lebih berhemat. Yuk mulai coba dari sekarang!