Kamu pasti tahu tentang makhluk mitologi Pegasus. Sosok yang digambarkan seperti kuda namun memiliki sayap dan bisa terbang ini merupakan mitologi yang berasal dari Yunani.

Namun, ternyata bukan Yunani saja yang punya mitologi Kuda Terbang, di Indonesia juga ada makhluk mitologi yang serupa. Tepatnya di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, yang dikenal dengan nama Induak Ameh adapun beberapa daerah menyebutnya Kudo Ameh Atau Kuda Emas.

Induak Ameh jika diartikan dalam bahasa Indonesia berati Ibu dari Emas dinamakan demikian karena sosok ini digambarkan memiliki cahaya keemasan. Gambaran umumnya menyerupai Kuda bersayap yang identik dengan Mitologi Yunani Pegasus.

Sosok mitologi ini bisa dikategorikan sebagai mitologi lokal yang hanya diketahui oleh sebagian kaum adat saja yang tinggal disepanjang kaki Bukit barisan salah satunya Kabupaten Pasaman yang memang berada dikaki Bukit Barisan yang masyarakat lokal menyebutnya Bukit Talang atau Tolang.

Dari cerita rakyat yang berkembang dikatakan jika Induak Ameh dipercayai tinggal di dalam goa-goa yang terdapat disepanjang Bukit Barisan dan belum terjamah oleh Manusia, dan kemunculannya diartikan sebagai sebuah pertanda akan datangnya bencana.

Namun versi lain mengatakan Induak Ameh hanya berupa cahaya saja, namun bisa terbang. Tepatnya di desa Sikabu-kabu, Tj.Haro, Pd. Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

Bahkan dikatakan banyak saksi mata yang telah melihatnya dan mencoba menangkapnya. Saat dikejar, sosok tersebut langsung menghilang masuk kedalam hutan.

Mitos memang tidak dapat dipercaya sepenuhnya, karena tidak ada bukti dan hanya berkembang dari mulut kemulut yang akhirnya menciptakan versi yang berbeda sehingga tidak dapat dipastikan mana versi awal ceritanya.