×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Indah saja tidak cukup, ini 5 cara merawat kesehatan kuku

0

Kesehatan

Indah saja tidak cukup, ini 5 cara merawat kesehatan kuku

Foto: https://images.pexels.com/photos/3738378/pexels-photo-3738378.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=1&w=500

Kuku adalah bagian dari tubuh yang wajib dijaga seperti halnya rambut. Simak tips sederhana ini guna mewujudkan kuku yang sehat alami.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Zulfa Aulia Nurfaiza

02 / 11 / 2020 12:35

Istilah kuku atau unguis menurut kamus kedokteran Dorland adalah “Lempengan kulit bertanduk pada permukaan dorsal ujung distal falang terminal jari tangan atau jari kaki, yang tersusun dari kerak-kerak epitel yang memipih dan berkembang dari stratum lucidum kulit”. Sedangkan secara universal, pengertian kuku pada umumnya ialah merupakan bagian tubuh manusia yang bersifat keras, tumbuh di ujung jari, dan berfungsi sebagai pelindung.

Pertumbuhan kuku terjadi sepanjang usia manusia yang masih hidup. Dalam kategori manusia usia muda, kuku dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan manusia dengan usia lanjut. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata dapat mencapai panjang 0,5 - 1,5 mm, diketahui empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki.

Sedangkan kecepatan pertumbuhan kuku kaki, yakni sepertiga dari kecepatan pertumbuhan kuku tangan. Jika kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm per hari atau sekitar 0,004 inchi per hari, maka berarti kuku tumbuh sebanyak 0,12 inchi dalam sebulan. Biasanya sekitar kurang lebih mencapai 1 centimeter dalam 3 bulan, sehingga pembaruan total kuku jari tangan 170 hari dan kuku kaki 12- 18 bulan.

Lalu, bagaimana ciri-ciri kuku yang sehat? Kuku yang sehat memiliki ciri-ciri seperti tekstur kuat namun agak semi kenyal dan memperlihatkan warna kemerah-merahan. Bentuk dan warna pada kuku tangan manusia apabila ditinjau berdasarkan ilmu kesehatan dapat memberikan tanda kesehatan tubuh manusia. Cuaca panas cenderung lebih baik untuk pertumbuhan kuku dibandingkan dengan udara dingin.

Perlu diketahui bahwa kuku jari pada manusia mempunyai dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah sebagai pelindung dari ujung jari karena pada area tersebut dipenuhi dengan saraf-saraf penting yang saling terhubung satu sama lain. Lalu fungsi kedua, yaitu memberi kepekaan rasa atau sensitivitas dan mempertajam daya sentuh. Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang sentuh saat menyentuh suatu objek sehingga dapat dirasakan saat bersentuhan dengan objek yang disentuh. Berdasarkan fungsi tersebut, kuku memiliki manfaat yang sangat besar. Maka dari itu wajib hukumnya untuk memperhatikan kesehatan kuku masing-masing.

Loading...

Jika rambut merupakan mahkota bagi mayoritas kaum hawa, maka begitu juga dengan kuku-kuku cantik yang ada di jari jemarimu. Seperti halnya mempertahankan kecantikan baik mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, kuku jari ini selayaknya juga mendapat perhatian. Ya, sebagai upaya mempertahankan kecantikan kuku, tidak hanya terus menerus dipoles dengan cat kuku tapi juga perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan kuku tersebut.

Sejak zaman kuno, saat itu jari kuku yang panjang mempunyai nilai yang sangat tinggi, lebih dari kuku biasa. Hal ini berkaitan dengan status yang dimiliki oleh seseorang pemilik kuku panjang. Jari kuku yang dicat dan dirawat secara teratur menjadi simbol atau pertanda yang dijadikan patokan dalam membedakan antara kaum bangsawan dengan proletar (rakyat biasa).

Nah, berikut ini merupakan lima cara untuk merawat kesehatan kuku dengan baik.

1. Memotong kuku secara rutin.

Memiliki jari serta kuku yang panjang nan lentik merupakan sebuah keindahan yang diidamkan oleh banyak orang, khususnya kaum hawa dan sah-sah saja jika berkeinginan memanjangkan kuku. Namun, perlu disadari bahwa tidak selamanya memiliki kuku yang panjang itu indah, lho! Ya, bahkan terkadang kuku yang panjang dapat menghambat pekerjaan yang mengharuskan tangan serta jari jemari bekerja secara cepat dan akibatnya bisa patah tanpa sengaja.

Tidak mudah merawat kuku yang panjang, diperlukan ketelatenan serta kesabaran dalam menjaga kebersihan kuku secara ekstra karena sering kali kamu melakukan kegiatan seperti makan, mengusap wajah, dan lain sebagainya dengan tangan terbuka. Maka solusinya adalah dengan memotong kuku agar bakteri dari luar tidak hinggap dan bersarang di kukumu.

2. Merendam kuku dengan air garam.

Ada cara untuk membersihkan kuku selain memakai sabun. Jika sabun masih terdapat bahan kimia di dalamnya, maka cara yang satu ini dijamin aman dan efektif untuk membersihkan kuku secara merata.

Dengan menggunakan air garam, kamu dapat merendam jari-jarimu sekitar 10-15 menit setiap malam menjelang tidur. Hal ini cukup ampuh sebab garam dipercaya secara turun temurun untuk membasmi bakteri yang bersarang. Cukup dengan menyiapkan air hangat lalu beri satu sampai dua sendok teh garam lalu larutkan, maka air garam siap memanjakan jari-jemarimu agar terhindar dari kuman penyakit yang berbahaya.

3. Bijak dalam memilih cat pewarna kuku.

Toluena adalah zat kimia berbahaya yang kerap ditemukan pada cat kuku. Bahan kimia ini berfungsi sebagai pelarut atau pengencer cat kuku yang digunakan untuk mempertajam warna. Menurut penelitian, zat ini dapat merusak sistem saraf, terlebih jika digunakan dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek, para penggunanya juga dapat merasakan beberapa efek negatif, mulai dari iritasi mata, pusing, serta mudah lupa. Meskipun sudah dilarang penggunaannya, masih saja ada sebagian produsen cat kuku yang masih menggunakan bahan terlarang ini.

4. Menjaga asupan nutrisi kuku.

Pernah mendengar istilah “you are what you eat”? Pepatah tersebut nyatanya bukan sekadar kalimat biasa. Ya, kamu adalah apa yang kamu makan. Artinya, kesehatan tubuhmu juga tergantung terhadap apa yang kamu konsumsi.

Sebagai bagian dari anggota tubuh, nutrisi kuku tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Kamu tetap wajib memperhatikan apa yang kamu makan, termasuk apa saja manfaat dari makanan tersebut.

Ada berbagai jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk merawat kuku dari dalam, dimulai dari makanan yang mengandung vitamin B7 seperti kuning telur, jamur, oat, dan gandum. Kemudian untuk vitamin B9 dan B12 dapat didapatkan dari daging sapi, ikan, ayam dan susu. Buah-buahan yang baik untuk kesehatan kuku pun tidak kalah bervariasi, yakni jeruk, lemon, alpukat, stroberi, dan juga kiwi.

5. Melakukan perawatan teratur.

Pada era modern dengan serba kecanggihan teknologi kecantikan dan dunia kesehatan yang sangat mendukung ini, telah lahir inovasi perawatan yang identik dengan kaum hawa sebagai peminatnya. Ya, manicure merupakan bagian dari perawatan diri yang dapat dilakukan oleh setiap orang, baik pria maupun wanita yang dapat dilakukan di salon atau bahkan di rumah.

Perawatan tangan ditinjau dari sudut kecantikan tidak kurang pentingnya dari perawatan wajah. Tata rias wajah yang cantik dan menarik akan berkurang nilainya jika tidak disertai dengan penampilan tangan dan kuku yang terawat dengan baik. Memiliki jari-jari tangan yang sehat dengan kuku yang bersih akan dapat memberikan kesan indah dan cantik.

Istilah manicure berasal dari bahasa Latin yaitu manus artinya tangan, dan cura artinya merawat. Istilah manicure dapat diartikan sebagai salah satu usaha untuk memperoleh kesehatan dan keindahan tangan beserta kuku jari melalui perawatan yang harus dilakukan secara teratur.

Itulah tadi sedikit tips singkat yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan kuku agar tetap terawat dan yang terpenting membantu menjadikan kuku kamu makin sehat. Selamat mencoba!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red