Memberikan susu penambah nafsu makan anak pada anak berusia 2 tahun terkadang sangat diperlukan. Terlebih bagi anak yang susah untuk makan. Namun saat memberikan susu formula, ada beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan.

Susu untuk anak yang susah makan memang bisa menjadi solusi terbaik yang bisa dipilih. Tapi terkadang karena kecerobohan atau ketidak tahuan, banyak ibu di luaran sana melakukan hal-hal yang sebenarnya sangat dilarang. Apa saja hal itu?

1. Menggunakan air mineral untuk membuat susu.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Beberapa air mineral ada yang mengandung sodium tingkat tinggi. Bahkan seringnya jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan asupan harian yang dianjurkan untuk anak usia 2 tahun.

Selain itu, air mineral juga mengandung tingkat kalsium yang sangat tinggi dan ternyata bisa berakibat buruk terutama untuk ginjal si kecil. Makanya dari itu sebaiknya hindari hal ini sebisa mungkin.

2. Memanaskan susu formula dengan microwave.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Sebisa mungkin hindari juga memanaskan botol susu di dalam microwave. Kenapa? Alat ini kurang bisa memanaskan susu secara merata sehingga hanya area tertentu saja yang panas.

Bahayanya, area panas ini bisa membakar mulut si kecil. Meskipun sebelum memberikan susu kamu sudah mengocoknya terlebih dahulu, namun untuk berjaga-jaga akan lebih baik jika menghindari hal ini.

3. Terlalu lama menyimpan susu yang sudah siap.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Alasannya adalah untuk mengantisipasi pertumbuhan bakteri yang berbahaya. Terlebih lagi, bakteri yang berasal dari air liur si kecil bisa dengan mudah berkembang biak di botol. Oleh sebab itu, jika memang si kecil tak menghabiskan susu tersebut, sangat disarankan untuk membuangnya saja setelah 2 jam.

4. Berlebihan memberikan susu formula.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Meskipun susu untuk anak yang susah makan ini memang baru dibutuhkan oleh si kecil untuk merangsang nafsu makannya, tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan juga saat memberikannya.

5. Suhu air setidaknya 70 derajat celsius.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Langkah seperti ini dilakukan untuk berjaga-jaga supaya susu penambah nafsu makan yang kamu berikan benar-benar steril. Oleh sebab itu, sebaiknya didihkan dulu air yang akan digunakan untuk membuat susu lalu sebaiknya dinginkan hingga suhu yang bisa diminum oleh si kecil.

Panduan dari WHO merekomendasikan sebaiknya air yang digunakan untuk membuat susu formula seperti ini setidaknya bersuhu 70 derajat celsius. Selain itu, air juga tak boleh dibiarkan lebih dari 30 menit setelah mendidih.

6. Menghangatkan botol susu formula lebih dari 10 menit.

Hindari hal ini saat kasih susu penambah nafsu makan pada anak 2 tahun

Rata-rata penghangat botol akan mati secara otomatis setelah bekerja selama 10 menit. Maka dari itu, jika kamu menghangatkan botol secara manual, pastikan untuk mengangkatnya maksimal 10 menit.Ternyata membiarkan botol lebih dari 10 menit bisa membuat bakteri berkembang biak pada susu formula tersebut sehingga si kecil kemungkinan besar akan terserang diare.

Susu penambah nafsu makan anak seperti ini bisa sangat berguna jika diberikan dengan cara yang benar. Namun terkadang masih banyak yang kurang memperhatikan hal-hal mendasar seperti ini.Masih banyak yang asal-asalan saat memberikannya. Padahal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan si kecil itu sendiri. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari 6 hal di atas saat akan memberikan susu penambah nafsu makan anak 2 tahun.