Bagi sebagian besar orang, menyikat gigi mungkin hanya sekedar rutinitas yang sudah biasa kita lakukan sejak kecil. Namun, berapa banyak orang yang menyadari apakah mereka melakukannya dengan benar? Menyikat gigi dengan baik dan benar tidak hanya penting untuk kesehatan gigi dan menghindari napas berbau, namun juga penting jika anda tak suka berhubungan sering dengan dokter gigi. Berikut adalah beberapa tips menyikat gigi yang benar seperti dilansir Magforwomen.com.

1. Sikat gigi yang tepat

Tips pertama untuk menyikat gigi dengan baik adalah memilih jenis sikat gigi yang tepat untuk mulut anda. Hal ini karena jIka anda harus membuka mulut untuk menjangkau area tertentu, namun sikat gigi anda terlalu besar tentu akan menjadi masalah. Jangan juga berasumsi bahwa bulu sikat yang keras lebih baik, Asosiasi Dental Amerika merekomendasikan bulu sikat yang lembut lebih baik untuk gigi anda.

2. Jangan bergantung sikat gigi lama

Bulu sikat yang mulai patah atau tak beraturan tak akan membersihkan gigi anda dengan baik, selain itu sikat gigi yang dipakai terlalu lama juga menjadi sarang bakteri. Maka, gantilah sikat gigi anda secara regular. Rekomendasi waktu untuk mengganti sikat gigi anda adalah per 3 bulan sekali.

3. Sikat gigi 2 kali sehari

Anda juga harus menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yakni sekali sebelum sarapan pagi dan sekali lagi pada malam hari menjelang tidur. Setiap kali anda menyikat, anda harus menyikatnya kurang lebih selama 3-4 menit. Jika anda terlalu sering menyikat gigi, maka dikhawatirkan akan menurunkan kualitas enamel gigi anda.

4. Sikat dengan lembut

Hal penting lainnya, yang mesti anda perhatikan saat menyikat gigi adalah menyikatnya dengan lembut. Anda tak perlu menyikatnya terlalu keras, karean plak akan mudah datang. Jika anda menyikatnya terlalu keras akan merusak enamel dan gusi anda.

5. Sikat menyeluruh

Selama menyikat gigi selama 3-4 menit, jangan hanya terkosentrasi pada gigi depan yang biasa dilihat orang. Plak tak pandang bulu dan bisa saja menghinggap di bagian tak sering dijangkau, jadi pastikan anda menyikatnya secara keseluruhan, termasuk bagian belakang gigi anda.

6. Sikat elektrik tak lebih baik

Jika anda menganggap sikat gigi elektrik lebih baik dari manual, namun tak selamanya begitu. Sikat gigi elektrik mungkin akan lebih mudah digunakan, namun apapun tipe sikat yang anda gunakan, pada dasarnya gunakan odol yang baik, sikat menyeluruh, dan teratur.

7. Kaitkan benang flos sebelum menyikat

Mengaitkan benang ke sela-sela gigi adalah hal penting sebelum menyikat, karena akan membuang berbagai plak dan partikel makanan. Namun, jangan terlalu memaksakan menggunakan benang flos (lembut) saat akan membuang sisa-sisa makanan dalam mulut anda karena akan merusak gusi.

8. Sikat lidah

Tak hanya gigi yang berpotensi dihinggapi kumpulan bakteri, namun juga lidah anda. Ketika anda selesai membersihkan gigi, setelah itu sikat dengan lembut lidah anda. Selain akan mengusir bakteri, juga akan membuat napas anda lebih segar.

9. Gunakan cairan kumur

Obat kumur sekaligus penyegar mulut (mouthwash) bukan merupakan pengganti penyikat gigi, namun tetap memainkan peran penting. Pakai obat kumur setelah menyikat gigi anda untuk mencegah kerusakan gigi dan melawan bakteri yang mungkin masih tertinggal di lidah dan gusi anda yang sulit dijangkau sikat gigi.

10. Bersihkan sikat gigi

Menjaga kebersihan sikat gigi tentu sangat penting. Taruh sikat gigi anda di ruang yang sekiranya udara dapat masuk, sehingga dipastikan kering dan tak lembab. Jangan pula meninggalkan sikat gigi di luar kamar mandi atau di tempat yang berpotensi berjamur.