Beberapa kata bahasa Inggris kini sudah menjadi begitu familiar di telinga. Jika dulu yang familiar mungkin cuma "i", "love", "you", "go", atau "goodbye", kini ada lebih banyak kata dalam bahasa Inggris yang banyak orang sudah paham.

Karena itu, mereka pun menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Sayangnya, banyak orang yang ternyata terjebak dalam pengucapan yang salah. Memang pendengar memahami maksudnya, tapi pengucapan yang salah sebenarnya juga memberikan arti yang berbeda pada kata-kata yang salah diucapkan tersebut.

Berikut dua kata dalam bahasa Inggris yang sering kali salah diucapkan, yang kemudian jadi punya arti beda.

1. Event

2 Kata bahasa Inggris ini sering salah diucapkan, kamu pernah alami?
Kata yang satu ini sering banget digunakan oleh presenter, baik di acara on air atau off air. Yang mereka maksud memang "event" (acara, kejadian, peristiwa), tapi mereka mengucapkannya seperti mengucapkan kata "even" (yang artinya: bahkan).

Huruf "e" pertama pada kata "event" memang sudah benar saat dilafalkan dengan huruf "i". Tapi, kesalahan yang kerap terjadi adalah saat si penutur melafalkan huruf "e" kedua dalam kata tersebut. Huruf "e" dalam suku kata "vent" seharusnya dilafalkan seperti saat kita mengucapkan kata "send", "rent", atau "men", bukan seperti saat kita mengucapkan kata "reda", "jeda", atau "teduh".

2. Steak

2 Kata bahasa Inggris ini sering salah diucapkan, kamu pernah alami?
Siapa yang tidak pernah makan menu makanan yang satu ini? Seperti ayam goreng atau bebek goreng, steak kini sudah menjadi makanan yang umum disantap. Sayangnya, banyak orang yang masih kurang tepat dalam mengucapkan kata ini. Apakah kamu termasuk orang yang akan mengucapkan "steak" dengan bunyi "stik"? Kamu lagi makan steak (daging sapi) atau stick (tongkat) sih? Pengucapan kata "steak" yang benar seharusnya berbunyi "steik", bukan "stik".

Memang sih, yang penting pendengar paham apa yang kita maksud, tapi kalau bisa mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris dengan benar, bukankah malah lebih baik?