Ada yang bilang, jadi anak kos itu bagai derita tiada akhir. Iya! Mau mandi nggak ada air, mau makan nggak ada lauk, Pokoknya banyak deh yang membuat derita anak kos semakin menumpuk melebihi utang makan di warung pas akhir bulan.

Tak selamanya jadi anak kos itu menderita. Ada kalanya hal-hal sederhana membuat kami sebagai anak kos begitu bahagia. Dengan menjadi anak kos, kami memahami bahwa bahagia itu sederhana.

1.Melihat kamar mandi kosong di pagi hari

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Lihat kamar mandi kosong di pagi hari itu serasa lihat Tom Cruise tiba-tiba datang ngajak kencan. Senangnya sampai langit kedelapan. Bayangin aja, jadi anak kos itu menderita banget kalau pas kuliah pagi dan kamar mandi penuh, terus harus ngantri panjang melebihi antrean naik haji. Kebayang dong, gimana bahagianya pas kamu ada jadwal kuliah pagi lihat kamar mandi kosong.

2.Bunyiklik rice cooker

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Ada beberapa bunyi yang membuat anak kos sangat menderita. Suarakronconganperut yang merengek minta makan, ibu kos atau abang sugiono nagih utang,atau teman sekos yang nyanyi malam-malam padahal besok kita ada ujian. Tapi tetap ada bunyi yang bisa buat bahagia. Salah satunya, bunyiklikpadarice cooker. Beneran, deh! Dengar bunyi itu kapan pun pasti kamu bilang, Alhamdulilah! sambil pegang sendok dan piring di tangan.

3.Lampu yang menyala

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Jadi anak kos rawanbangetyang namanya mati lampu. Apalagi kalau pakai pulsa listrik. Aduh, rasanya hidup hanya berisi kegelapan setelah merasakan manisnya kedamaian yang hanya beberapa hari. Berasa besok udah nggak bisa lihat cahaya lagi. Itulah setiap kali melewati malam dengan lampu menyala, bahagia selalu terasa dalam hati. Serasa Thomas A. Edison menciptakan lampu khusus untuk menerangi hidup anak kos yang sering buram.

4.Ada air

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Pertengahan tahun selalu membuat anak kos waswas. Kosan tiap pagi jadi sepi. Tiba-tiba bau aneh tercium di setiap kamar tiap sore. Apalagi kamar mandi, seperti markas baru untuk bangsa kecoak. Iya, musim kemarau selalu menjadi sesuatu yang membuat anak kos semakin menderita. Maka dari itu, masjid atau mushala tiba-tiba ramai. Bukan karena para anak kos mulai taubat. Tapi tujuan utamanya adalah mandi. Oleh karena itu, bahagia bisa sangat sederhana, tak hanya seperti melihat senyummu tiap hari, tapi juga mendengar suara air mengalir di kamar mandi.

5. Makanan gratis

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Tidak ada yang lebih nikmat bagi para anak kos selain makanan gratis.Sebodo amat gimanarasanya, yang penting bisa dimakan dan halal. Udah itu aja, nggak ada hal lain yang membuat anak kos bahagia. Walau mungkin dulu nggak suka, tiba-tiba jadi doyan kalau udah jadi anak kos.

6.Awal bulan

6 Kebahagiaan ini cuma dimengerti oleh anak kos

Mungkin, bagi kaum jomblo malam Minggu adalah malam paling menyedihkan. Tapi, bagi anak kos, waktu paling menyedihkan justru akhir bulan. Pada saat itu, dompet hanya berisi Pattimura, padahal bahan makanan sudah menipis. Oleh Karena itu, awal bulan adalah waktu paling menyenangkan yang pernah ada untuk anak kos.

Itu saja beberapa kebahagiaan kecil menjadi anak kos. Bahagia itu selalu ada setiap kali bersyukur. Walau kadang menderita, yakinlah selalu ada bahagia di balik itu semua.

Gimana dengan kalian guys? Punya pengalaman bahagia lainnya selama jadi anak kos gak?