Di Indonesia, yang notabene negara kepulauan, tentu ikan sudah biasa menjadi menu sehari-hari. Selain karena merupakan hasil laut sendiri, masyarakat Indonesia juga gemar mengonsumsinya karena dinilai memiliki manfaat yang tinggi. Tak hanya ikan,seafoodalias sajian bahari lainnya pun terkenal lezat untuk disantap. Namun, dewasa ini, banyak orang yang kerap enggan menyantapseafoodsebab dirumorkan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Benarkah seperti itu?

Salah! Meskipun memang mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi, namun manfaatseafooduntuk kesehatan tetap tak kalah banyak. Bahan pangan yang berasal dari laut, terbukti memiliki kadar protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan ikan atau udang air tawar. Kadar lemaknya pun rendah, dan kandungan Omega-3 di dalamnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh Anda.

Penasaran apa saja manfaatseafooduntuk kesehatan? Yuk, simak rinciannya yang dilansir dari go-dok.com berikut ini!

1. Meningkatkan daya ingat

Sedikit yang mengetahui bahwa dengan hanya mengonsumsi ikan laut sekali seminggu, daya ingat Anda dapat meningkat perlahan. Tak hanya meningkatkandaya ingat, memakan ikan secara teratur juga bisa mempertahankan daya ingat Anda agar tetap bagus. Hebat, bukan?

2. Menurunkan risiko hipertensi

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaatseafooduntuk kesehatan adalah untuk menurunkan risikohipertensi? Seperti yang telah diketahui, jika dimasak dengan baik (tanpa minyak berlebih),seafoodmemiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Kandungan ini terdapat paling rendah pada kepiting, lobster, dan udang, yang juga mengandung sumber protein baik. Semua itu, ditambah dengan asam lemak Omega-3 di dalamnya berpotensi besar mengurangi risiko hipertensi. Sebagai referensi, ikan yang mengandung kadar Omega-3 tinggi, antara lain adalah salmon, sardin, herring, dan makarel.

3. Meningkatkan kesuburan

Belum pernah dengar? Bagi pasangan yang tengah mengharapkan kehadiran buah hati, Anda dianjurkan untuk rajin memakan ikan salmon matang atau kerang (tiram). Sebab, kandungan Omega-3 dan protein yang tinggi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi. Hal ini digadang-gadang dapat meningkatkan peluang kehamilan 2 kali lipat. Mau?

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan Omega-3 di dalam jenis-jenis ikan laut, cumi, serta udang ternyata mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda. Hal inilah yang kemudian memperkecil risiko Anda untuk terkena penyakit jantung. Ingat, Anda harus memasaknya tanpa digoreng dengan minyak berlebih, ya!

5. Mencegah penyakitAlzheimer

Manfaat seafood untuk kesehatan otak salah satunya adalah mencegah penyakitAlzheimer.Berbagai kandunganseafoodyang terdapat dalam ikan laut, udang, dan kerang-kerangan terbukti mengurangi risiko Anda terkena penyakitAlzheimer. Tak hanya itu, semua kandungan tersebut juga mampu mengurangi depresi, dementia, serta memperbaikimoodAnda.

6. Menjaga berat badan

Jika dibandingkan dengan dagi sapi atau ayam, daging ikan laut terbukti memiliki kadar protein lebih tinggi dan kadar lemak lebih rendah. Kedua hal inilah yang dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal.

7. Mencerdaskan anak

Manfaatseafooduntuk kesehatan yang terakhir adalah mencerdaskan anak yang nantinya akan dilahirkan. Percaya atau tidak, beberapa studi terakhir menunjukkan bahwa seorangibu hamilyang secara teratur mengonsumsi ikan (atau minyak ikan) akan melahirkan anak dengan inteligitas di atas rata-rata.

Nah, itu dia 7 manfaatseafooduntuk kesehatan yang kerap Anda lupakan. Meskipun banyak rumor beredar tentang sifat jelekseafood, namun jika diolah dengan benar, sajian-sajian bahari tersebut dapat memberi manfaat yang luar biasa! Selamat mencoba!