×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Gampang ditemui, ini 5 manfaat kesehatan dari buah tomat

0

Kesehatan

Gampang ditemui, ini 5 manfaat kesehatan dari buah tomat

https://pixabay.com/photos/tomatoes-vegetables-red-food-5356/

Tomat merupakan buah yang punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Syiar Syam

01 / 03 / 2019 13:55

Buah yang satu ini pasti sudah gak asing lagi di telinga, kan. Yap buah yang didominasi warna merah ini ternyata punya banyak khasiat loh. Dengan mengonsumsi tomat, tubuh pun bisa jadi kuat. Banyak penyakit berat yang dapat dicegah dengan tomat. Selain itu juga masih ada kelebihannya lain dari buah tomat berikut ini.

1. Berlimpah antioksidan.

Tomat mengandung sejumlah besar likopen, sejenis anti oksidan yang sangat efektif mencegah kanker sebagai akibat radikal bebas. Likopen kuat melawan kanker dan efektif dalam melawan kanker prostat, cervic, lambung, dan rectum.

 

2. Menurunkan kolesterol dan menjaga jantung.

Loading...

Likopen dalam tomat mencegah oksidasi serum lipid. Jadi ia memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kardiovascular. Konsumsi tomat secara teratur dapat mendorong berkurangnya level lemak jahat LDL dan trigliseridn dalam darah.

 

3. Kaya vitamin dan mineral.

Satu buah tomat menyediakan kurang lebih 40% kebutuhan harian vitamin C kita. Vitamin C adalah antioksidan alami yang bereaksi melawan kanker yang dicetuskan oleh radikal bebas. Buah ini juga berlimpah vitamin A potassium besi. Potassium memegang peran penting bagi kesehatan syaraf, sedangkan besi adalah sumber penting bagi pemeliharaan kesehatan darah. Sedangkan vitamin K penting dalam pembekuan darah saat terluka.

 

4. Melawan efek rokok.

Dengan mengonsumsi tomat dapat bermanfaat mengatasi efek buruk rokok. Hali ini disebabkan adanya 2 komponen dalam tomat, yaitu asam coumaric dan asam chlorogenic. Keduanya dapat melawan nitrosamine yang diproduksi tubuh dan karsinogen utama yang ditemukan dalam asap rokok.

 

5. Menjaga kesehatan mata hingga kulit.

Manfaat buah tomat ini masih banyak, di antaranya adalah meningkatkan penglihatan. Hal ini dikarenakan buah tomat mengandung vitamin A yang mencegah rabun dan degenerasi penglihatan. Selain itu tomat juga bermanfaat menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut, dan kulit.

Pemakaian tomat dengan cara dioleskan diketahui menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Mengonsumsi tomat setiap hari pun bermanfaat menjaga kulit dari radiasi sinar Ultra Violet, sekaligus sebagai antiaging.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red