×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Sisi lain ngegame yang belum banyak diketahui orang

0

Kepribadian

5 Sisi lain ngegame yang belum banyak diketahui orang

Pengaruh gaming dilihat dari sudut psikologi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ridwan Nugraha

06 / 11 / 2017 11:20

Saat ini video game sudah sangat melekat di masyarakat kita, dari umur muda hingga yang tua, dari bermain sendiri hingga seratus atau lebih individu bermain bersama. Namun, Seringkali video game dihubungkan dengan kegiatan yang tidak produktif dan membuat orang yang memainkannya melakukan kegiatan yang negatif. Padahal sebenarnya banyak manfaat dari bermain video game, hanya saja tidak semua orang menyadari pengaruh positif dari bermain game. Hal-hal yang dikembangkan ketika kita bermain game adalah sebagai berikut.

1. Dapat memudahkan koordinasi visual-motorik

 https://goo.gl/images/4rtEfZ

https://goo.gl/images/4rtEfZ

para pemain game dengan tidak sadar dapat bermain game tanpa melihat tombol yang ada di alat bermain game yang mereka gunakan seperti joystick, keyboard, atau yang lainnya. Sebenarnya hal ini membantu koordinasi visual motorik yang dimiliki. Koordinasi visual motorik maksudnya adalah bagaimana kerjasama yang dilakukan antara indra penglihatan kita dan gerakan tubuh kita, yang nantinya hal ini akan menjadi penting dalam hidup kita.

Loading...

2. Meringankan stres

 https://goo.gl/images/ViwmVh

https://goo.gl/images/ViwmVh

Mungkin ini yang paling mudah dirasakan, karena dengan bermain game kita dapat merasa senang dan lupa dengan kesedihan kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi tenang dan menghilangkan stres yang kita hadapi sehingga dapat melakukan kembali aktivitas yang produktif.

3. Menstimulasi motivasi dari dalam dan refleksi akan nilai dari game tersebut.

https://goo.gl/images/xbwh1M

https://goo.gl/images/xbwh1M

Video game seringkali memiliki cerita yang khas didalamnya. Dalam cerita tersebut, adanya pengambaran norma sosial, bagaimana orang menyikapinya, dll. Dari cerita tersebut kita dapat mempelajari nilai kehidupan dan menghargai nilai tersebut, dan juga memotivasi kita untuk menjadi lebih baik.

4. Mengembangkan kemampuan untuk mengungkapkan alasan dan berfikir logis

https://goo.gl/images/83qbWP

https://goo.gl/images/83qbWP

Beberapa game memberikan tantangan yang cukup besar di area berpikir, seperti game puzzle, catur, quiz, dll. Ini dapat mengasah kemampuan analisis kita dapat berpendapat.

5. Mengembangkan kemampuan intelektual.

https://goo.gl/images/Uqn1zX

https://goo.gl/images/Uqn1zX

Game dapat mengembangkan kemampuan intelektual kita karena, banyak sekali permasalahan yang diberikan pada sebuah game. Sehingga secara tidak langsung kita mau tidak mau harus menggunakan kemampuan pemecahan masalah, mengambil keputusan, dan kemampuan berpikir yang lainnya.

 

Namun perlu diingat bahwa efek tersebut akan muncul ketika seorang gamers memperhatikan waktu bermain yang bagus yaitu sekitar 3 jam dalam sehari. jika berlebihan justru dapat berakibat buruk bagi gamers itu sendiri. Apakah kita sudah benar dalam hal tersebut ?

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red