×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Benda ini yang bisa dibuat jadi mainan, nggak perlu beli ke mal nih

0

Orangtua

3 Benda ini yang bisa dibuat jadi mainan, nggak perlu beli ke mal nih

Mainan anak harganya mahal? Sebenarnya kita gak perlu lho, beli mainan anak yang mahal.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Puspita Permatasari

24 / 10 / 2017 09:38

Setiap orangtua punya caranya sendiri untuk membahagiakan anak-anaknya. Salah satu yang dilakukan adalah membelikan mainan yang harganya beragam. Dari mainan yang harganya murah sampai selangit. Sebenarnya, budget untuk membeli mainan untuk anak ini bisa dipangkas habis, lho.

Jeffrey Goldstein, seorang psikolog yang mendalami dunia bermain anak, pada tahun 2012 pernah menuliskan bahwa alat-alat yang digunakan anak saat bermain harus memenuhi 3 syarat.

Pertama, alat bermain harus beragam. Anak-anak harus dikenalkan dengan alat bermain yang beragam, bukan hanya mainan yang itu-itu saja. Keragaman mainan ini membantu anak untuk menghindari dari kebosanan bermain.

Kedua, alat bermain harus bersifat open ended. Artinya, alat yang digunakan bermain harus dapat dikreasikan sebebas mungkin oleh anak. Terakhir, alat bermain harus bersifat komunikatif, dalam artian tidak bersifat satu arah, sehingga anak dapat menggunakannya saat bermain sendiri maupun bermain bersama teman-teman.

Dari syarat-syarat alat bermain di atas, Ayah dan Ibu tidak perlu terlalu pusing untuk memikirkan mainan apa yang harus dibeli. Benda-benda di rumah justru banyak yang memenuhi ketiga syarat di atas lho. Selain lebih hemat, benda-benda ini juga tidak kalah seru untuk dimainkan.

Loading...

1. Tepung terigu

Bahan makanan yang biasa dipakai saat membuat kue ini bisa jadi alat bermain yang seru. Tepung bisa dipakai untuk membuat playdough, bermain masak-masakan, atau sebagai pengganti pasir saat bermain truk dan excavator mainan. Orangtua hanya perlu menyediakan benda-benda sederhana lain, seperti air, sendok, atau mobil-mobilan, dan biarkan anak berkreasi!

 

2.Kardus bekas

Kardus bekas yang sudah dibersihkan bisa jadi surga bermain untuk anak-anak. Dengan sedikit bantuan dari orangtua dan segudang imajinasi, kardus bisa disulap jadi mainan-mainan keren yang membuat anak-anak betah bermain berjam-jam. Bayangkan sebuah kardus bekas kulkas atau mie instan bisa disulap menjadi roket, pesawat, dapur mainan, hingga rumah-rumahan. Jangan lupa libatkan juga anak-anak saat membuatnya. Dijamin, hubungan kita dan anak-anak jadi lebih akrab dan hangat.

 

3. Sendok, pisau, dan wadah plastik dari restoran

Sering dapat peralatan makan plastik saat take away atau delivery makanan di restoran? Jangan buru-buru dibuang. Alat-alat makan plastik ini bisa dijadikan alat bermain yang menyenangkan buat anak-anak. Banyak sekali jenis permainan yang bisa dilakukan. Mulai dari main masak-masakan, berpura-pura berkunjung ke restoran, sampai bermain mengadakan pesta pura-pura yang seru!

Selain ketiga benda ini, masih banyak lho benda-benda sederhana di rumah yang memenuhi 3 syarat Pak Jeffrey Goldstein. Misalnya spons dan sabun, makaroni, benang wol, kain sprei yang lebar, dan banyak lagi. Jadi, daripada membelikan laptop mainan yang harganya jutaan tapi tidak memenuhi ketiga syaratnya, lebih baik manfaatkan saja benda-benda di rumah.

Selamat Bermain!

Referensi :
Goldstein, Jeffrey, 2012, Play in Children’s Development, Health and Well-Being, Brussels : Toy Industries of Europe.

 main tepung





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red