Berbicara tentang model, kita tentu selalu beranggapan bahwa mereka harus memiliki wajah yang cantik, memiliki tinggi tubuh semampai, dan juga berkulit putih, bersih, serta mulus. Model seakan telah digeneralisir sebagai sosok wanita yang mendekati sempurna dibanding wanita-wanita lain yang ada di sekitarnya.

Tapi itu hanya berlaku pada masa lalu. Di masa sekarang ketika rasa solidaritas makin meningkat dan rasisme makin menurun, semua orang baik dari kalangan atas atau kalangan bawah pun bisa menjadi seperti apa yang mereka impikan, beberapa wanita berikut contohnya yang sukses menjadi model yang sudah terkenal di seluruh dunia meski mereka memiliki keterbatasan. Siapa saja sih? berikut 5 model yang sukses mendunia meski memiliki beragam keterbatasan.

1. Nyakim Gatwech

Gak harus cantik, 5 wanita ini buktikan diri sukses jadi model

sumber: curlynikki.com

Nyakim Gatwech merupakan wanita asal Sudan Selatan yang menjadi inspirasi bagi banyak wanita di luar sana. Di Instagram bahkan dia sudah memiliki 208 juta pengikut. Netizen menjulukinya sebagai "Queen of Dark". Di akun Instagramnya, dia selalu memposting hal-hal berbau positif yang meyakinkan banyak orang agar kita terus percaya diri meski memiliki banyak keterbatasan.


2. Jillian Mercado

Gak harus cantik, 5 wanita ini buktikan diri sukses jadi model

sumber: citizenbrooklyn.com

Lahir pada 30 April 1987, Jillian Mercado sudah menderita spastik distrofi otot serta harus duduk di kursi roda mulai usian 3 tahun. Meski memiliki keterbatasan, dia belajar di Fashion Institute of Technology di New York. Dan pada tahun 2011, dia tampil pada kampanye pertama untuk desain Denim. Sejak itulah dirinya semakin dikenal masyarakat luas.


3. Jamie Brewer

Gak harus cantik, 5 wanita ini buktikan diri sukses jadi model
sumber: dailymail.co.uk

Jamie adalah wanita pertama pengidap sindrom down yang sukses berjalan catwalk di acara sebesar New York Fashion Week tepatnya pada Februari 2015. Dirinya juga sukses menjadi orang termuda yang dipilih menjadi Presiden ARC di Fort Bent Chapter.


4. Winnie Harlow

Gak harus cantik, 5 wanita ini buktikan diri sukses jadi model

sumber: home.bt.com

Pereampuan yang lahir pada 27 Juli 1994 sudah didiagnosa menderita vitiligo sejak berusia 4 tahun. Winnie terus dijadikan sasaran bullying hingga dia memutuskan putus sekolah bahkan hendak melakukan bunuh diri. Tapi nasibnya berubah saat dia memposting sebuah video di channel Youtube miliknya yang berjudul "Vitiligo: A Skin Condition, not a Life Changer". Winnie pun sukses meraih penghargaan 'Role Model' pada tahun 2015 lalu.


5. Melanie Gaydos
Gak harus cantik, 5 wanita ini buktikan diri sukses jadi model
sumber: independent.co.uk

Melanie adalah lulusan jurusan seni di New York City. Kesuksesannya dimulai ketika Melanie menerima tawaran menjadi bintang iklan Craigslist. Meski mempunyai kelainan genetik displasia ectodermal, yang meyebabkan gigi, pori-pori, kuku, tulang rawan, dan tulang dalamnya tak berkembang, dia tetap percaya diri hingga sukses bekerjasama dengan fotografer terkenal dunia, Eugenio Recuenco