Pekerjaanmu berurusan dengan keuangan? Maka kamu pasti sudah akrab dengan alat hitung otomatis seperti Microsoft Excel atau yang lebih sederhana lagi, kalkulator. Sayangnya di luar sana masih banyak orang yang hanya tahu cara menggunakan alat hitung ini sebatas untuk menjumlahkan, mengurangi, mengalikan atau membagi angka, tanpa tahu apa fungsi tombol-tombol penyerta lainnya.

Nah, mari simak fungsi dari 10 tombol lain yang terdapat dalam kalkulator.

1. C dan CE (Clear Entry)

Salah input angka merupakan hal yang biasa terjadi, apalagi bila kamu melakukan perhitungan dengan banyak angka. Solusinya, cukup tekan tombol C atau CE, maka angka yang diinput terakhir akan dihapus.

2. MR dan MRC (Memory Recall)

Fungsi tombol MR dan MRC sebenarnya sama, yaitu untuk memanggil memori yang sudah tersimpan. Misalnya hasil penjumlahan terakhir yang sudah disimpan adalah 15, maka kamu bisa memunculkannya kembali cukup dengan menekan tombol MR atau MRC.

3. M- dan MC (Memory Clear)

Tombol ini memiliki fungsi untuk menghapus angka yang disimpan dalam memori kalkulator. Angka 15 di atas akan segera dihapus begitu tombol M- atau MC ditekan. Dengan kata lain, M- dan MC akan me-reset memori ke kondisi 0.

4. M+ (Memory Plus)

Sesuai namanya, tombol ini punya fungsi menambahkan hasil perhitungan ke memori. Dengan menekan tombol M+, maka hasil hitungan terakhir akan disimpan dalam memori kalkulator. Sebagai contoh, hasil penjumlahan 10+5 = 15, lalu tekan M+, maka secara otomatis angka 15 sudah tersimpan dalam memori.

5. Min

Jika kesulitan mengingat nominal angka yang tertera pada layar kalkulator, tombol Min akan membantu mengingatnya. Tombol Min secara fungsi mirip dengan M+, namun bedanya Min akan menyimpan semua yang ditampilkan di layar saat itu juga.

6. GT (Grand Total)

Tombol ini akan memanggil total semua hitungan dalam memori. Tombol GT digunakan untuk melakukan hitungan beruntun. Misal, untuk mengitung 5+5+(4x2) = 18, tambahkan 5+5=10 dan simpan angka 10 dengan M+. Hitung 4x2 = 8 lalu tekan GT, maka hasilnya akan jadi 18.

7. AC (All Clear)

Tombol ini berguna untuk menghapus semua hasil perhitungan yang ada di layar, juga me-reset semua fungsi yang sudah dimasukkan. Namun tombol AC tidak akan menghapus hitungan yang sudah disimpan dalam memori kalkulator.

8. EXP (Exponensial)

Fungsinya ialah untuk menghitung pangkat. Contoh: Jika kita akan melakukan perhitungan 1,234 x 10 ^ 6, maka di kalkulator kita bisa menekan tombol 1 . 2 3 4 EXP 6

9. Shift

Fungsinya sebenarnya hampir mirip seperti fungsi Shift pada keyboard komputer. Biasanya fungsi Shift di kalkulator gunanya untuk mengakses fungsi tambahan yang ada.

10. MS adalah singkatan dari Memory Storage

Sebagai informasi, tak semua kalkulator memiliki tombol seperti di atas. Produsen yang berbeda juga terkadang memiliki istilahnya sendiri. Termasuk adanya perbedaan antara kalkulator biasa dengan kalkulator ilmiah yang digunakan untuk melakukan penghitungan yang lebih rumit.