Ketika ingin menggunakan headset atau headphone Bluetooth, pasti ada proses koneksi antara device tersebut dengan smartphone kita. Proses ini bisa memakan waktu selama beberapa menit. Tidak seperti headset atau headphone dengan jack dan kabel.

Google menjawab keresahan pengguna bluetooth headset dan headphone itu dengan memperkenalkan teknologi bernama Fast Pair. Teknologi ini membuat pengguna headset bluetooth tidak perlu "kerja keras".

Tapi teknologi Fast Pair hanya bisa digunakan di earphone bluetooth keluaran Google yaitu Pixel Bud. Belum ada kejelasan apakah nantinya teknologi ini akan dilepas ke semua perangkat Android. Lalu apa keistimewaannya?

Seperti yang ditulis di paragraf sebelumnya, Fast Pair akan menghemat waktu sambungan antara perangkat bluetooth dengan smartphone. Smartphone Android kamu nantinya akan bisa mengenali device dengan teknologi Fast Pair dan tersambung otomatis (diawali notifikasi).

Fast Pair, aplikasi pakai headset bluetooth tanpa repot

Kamu nggak perlu lagi masuk ke setting untuk melakukan pairing dengan headset kamu seperti yang selama ini sudah dilakukan. Hemat waktu dan lebih efisien tanpa kerepotan dengan tap-tap berbagai menu.

Fast Pair diciptakan untuk Android dengan Marshmallow dan yang lebih tinggi. Pixel Bud sendiri dibanderol seharga Rp 2,1 juta per unitnya. Cukup mahal mengingat teknologi yang diselipkan dalam headset tersebut.