Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena lokasinya tersebut yang membuat Indonesia diklasifikasikan sebagai negara lintas benua. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Beberapa pulaunya juga berbagi dengan wilayah dengan negara-negara lain seperti Timor Timur, Malaysia dan Papua Nugini. Para ilmuwan beranggapan bahwa kurang dari setengah kepulauan Indonesia dihuni secara tetap.

Fakta mengenai pulau-pulau di Indonesia yang perlu kamu tahu

1. Diakui dunia.

Fakta mengenai pulau-pulau di Indonesia yang perlu kamu tahu

Status Indonesia sebagai negara kepulauan telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa secara menyeluruh. Wilayah negara yang mencakup tak hanya daratan, tetapi juga lautan. Sebagai negara kepulauan, wilayah lautan yang mengelilingi dan menyambung pulau-pulaunya adalah bagian dari negara tersebut. Pengakuan ini memberikan Indonesia hak untuk mengelola segala hal yang berhubungan dengan lautnya. Hanya ada enam negara yang diakui sebagai negara kepulauan, di antaranya adalah Indonesia, Fiji, Trinidad dan Tobago, Bahama, Papua Nugini dan Filipina.

2. Jumlah pulau di Indonesia.

Fakta mengenai pulau-pulau di Indonesia yang perlu kamu tahu

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau. Yang menarik adalah, baik para peneliti maupun pemerintah Indonesia tak memiliki jumlah pasti dari berapa kepulauan yang ada di wilayah Indonesia. Padahal, sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia seharusnya mencakup semua pulau yang ada.

Selain itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa juga memberikan definisi apa itu yang bisa disebut sebagai sebuah pulau. Hanya pulau-pulau yang sudah diberi nama saja yang terdaftar secara resmi dan pulau-pulau ini hanya bisa didaftarkan bila paling tidak ada 2 orang yang mengenal nama resmi pulau tersebut. Karena sampai sekarang Indonesia masih belum bisa memberikan jumlah pasti dari berapa jumlah pulau yang ada, ini akan berdampak ke klaim wilayah Indonesia. Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini berarti juga akan berdampak ke wilayah perairan Indonesia.

3. Hilangnya pulau-pulau di Indonesia.

Fakta mengenai pulau-pulau di Indonesia yang perlu kamu tahu

Indonesia kehilangan pulau-pulaunya setiap tahun. Bahkan, pada tahun 2002, Indonesia kehilangan beberapa pulaunya karena sebuah kejadian besar. Yang pertama adalah ketika Malaysia mengklaim salah satu pulau Indonesia dan membawanya ke Pengadilan Keadilan Internasional. Pihak pengadilan menyatakan bahwa dua pulau yaitu Sipadan dan Ligitan adalah milik Malaysia dan Indonesia kehilangan kedua pulau tersebut. Yang kedua adalah ketika negara Timor Timur memerdekakan diri dari Indonesia.