Danau Tobaadalahdanaualami besar diIndonesiayang berada dikalderagunung berapi super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19mi), dan kedalaman 505 meter (1.657ft). Danau ini terletak di tengahpulauSumaterabagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2.953ft). Danau ini membentang dari 2,88LU 98,52BTsampai 2,35LU 99,1BT. Ini adalahdanau terbesar di Indonesiadandanau vulkanikterbesar di dunia.

Danau Toba adalah lokasi letusan gunung berapi super masif berkekuatanVEI8 yang sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun lalu memicu perubahan iklim global. Nah, berikut ini adalah 9 fakta mengenai Danau Toba yang mungkin belumdiketahui banyak orang.

1.Gunung Toba, gunung berapi super (super volcano) yang mengelilingi danau danPulau Samosiritu masih aktif. Tak bisa diprediksi kapan ia akan erupsi.

2. Danau kaldera terbesar dunia, danau toba mempunyai panjang 87 km, lebar 27 km, tinggi 904 mdpl, dan kedalaman 505 meter.

4. Terbentuk tiga letusan besar Gunung Toba. Letusan pertama menghasilkan Kaldera (danau) di sisi selatan, letusan kedua membentuk kaldera di sisi utara, letusan ketiga (letusan terbesar) mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba

5.Debu Riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba diMalaysia, bahkan juga ditemukan sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah, selain itu ditemukan pula di Samudera Hindia.

6.Meletusnya Gunung Toba menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies bahkan mengalami kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu.

7.Danau Toba menjadi habitat ikan khas daerah Batak, yaitu ikan batak' (Neolissochillus thienemanni) yang punya nilai sejarah dan budaya tinggi.

8. Ada danau di dalam Danau Toba. Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba memiliki 2 danau indah di tengahnya yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

9. Terdapat 5 pulau vulkanik di dalam danau, yaitu Pulau Samosir, Pulau Sibandang, Pulau Tao, Pulau Tolping dan Pulau Tulas

Terbentuk karena meletusnya Gunung Toba ratusan tahun yang lalu, Danau Toba masih menyimpan banyak misteri sampai sekarang, sehingga penelitian terus dilakuan di Danau Kaldera ini.