Meski, ini merupakan gangguan kesehatan ringan, namun tentu saja sangat membuat hari tak nyaman. Seperti kita tahu, hidung tersumbat biasanya terjadi akibat pilek flu atau alergi. Hal ini disebabkan peradangan sel darah di membran yang menutupi lubang hidung.

Satu hal yang tentunya cukup menyebalkan, tak jarang jika hidung tersumbat juga membuat kita jadi sulit bernapas. Sebelum kamu pergi ke dokter untuk meminta resep obat, mungkin cara-cara sederhana ini bisa membantu. Namun, perlu diingat bahwa kamu benar-benar bisa sembuh jika akar masalah gangguan kesehatan juga berhasil diatasi.

1. Inhaler

Ini mungkin salah satu cara yang paling umum dilakukan orang ketika mengalami hidung tersumbat. Selain, cukup aman, cara ini juga sangat mudah dilakukan siapa pun untuk setidaknya membuat napas sedikit lega. Kamu bisa membeli inhaler di toko obat atau apotek. Jika ingin menggunakan cara sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan sendok teh garam dicampur dengan satu cangkir air hangat, lalu hiruplah perlahan.

2. Metode uap

Metode steaming atau uap tidak hanya menjadi perawatan khusus di salon atau spa saja, namun cara ini bisa kamu gunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Masak air hangat, dan tuangkan ke dalam baskom mini, dekatkan wajah, lalu hirup uapnya perlahan. Bahkan, mandi dengan air hangat pun adalah salah satu cara termudah yang juga bisa anda lakukan.

3. Gunakan kompres hangat

Jika selama ini, kompres hanya kamu gunakan untuk meredakan demam, pastinya kamu juga bisa menggunakan kompres untuk meredakan hidung tersumbat saat pilek. Basahkan handuk kecil di air hangat, dan letakkan di hidung anda untuk beberapa saat.

4. Mandi di air laut

Wow, ini mungkin agak ekstrem ya, kalau rumah dekat laut mungkin asyik-asyik saja. Namun, asal kamu tahu, ini merupakan salah satu cara efektif untuk meredakan hidung tersumbat karena efek air garam-nya.

5. Teh hangat dan bawang

Secangkir teh hangat pastinya selalu membuat suasana hati dan pikiran lebih damai dan tenang. Belum lagi, kandungan flavonoid dalam teh berperan sebagai anti peradangan. Kamu juga bisa menambahkan madu atau sedikit campuran bawang ke dalam teh.

6. Minyak esensial

Pengobatan tradisional, seperti mengoleskan minyak esensial atau aroma herbal di sekitar hidung juga sangat membantu melegakan napas.

7. Istirahat

Istirahat adalah amunisi terakhir jika anda benar-benar ingin cepat pulih. Gejala flu biasanya menjadi salah satu pertanda bahwa kamu kurang istirahat dan terlalu letih bekerja.