×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dian Sastrowardoyo bantu 17 perempuan lulus perguruan tinggi

0

Selebritis

Dian Sastrowardoyo bantu 17 perempuan lulus perguruan tinggi

Dian Sastrowardoyo membantu 17 perempuan muda Indonesia menyelesaikan bangku kuliah lewat Beasiswa Dian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lisa Andriani

12 / 11 / 2021 12:59

Praktik budaya yang memprioritaskan pendidikan bagi laki-laki masih sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Menurut data Profil Perempuan Indonesia 2020 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, perempuan usia 15 tahun ke atas yang menamatkan pendidikan di tingkat SMA/sederajat hanya sebesar 32,53 persen. Sehingga, jumlah perempuan yang melanjutkan ke perguruan tinggi juga semakin rendah.

Fenomena ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari stigma sosial, kekerasan, marginalitas gender, dan ketidakmerataan akses pendidikan. Namun yang sering terjadi, banyak perempuan muda yang berasal dari keluarga pra-sejahtera tidak diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi karena permasalahan ekonomi keluarga. 

Dian Sastrowadoyo memberikan wejangan kepada para lulusan Beasiswa Dian di acara Adik Bintang Graduation Beasiswa Dian

Pada tahun 2015, permasalahan sosial inilah yang mendorong Yayasan Dian Sastrowardoyo berkolaborasi dengan Hoshizora Foundation menyelenggarakan program Beasiswa Dian. Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada lebih banyak perempuan di Indonesia yang kesulitan finansial agar dapat melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi. Hingga saat ini, terdapat total 17 perempuan yang lolos Beasiswa Dian setelah melalui proses seleksi bersama tim Hoshizora Foundation dan seleksi wawancara secara langsung oleh Dian Sastrowardoyo. 

Selain dukungan finansial untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Beasiswa Dian juga berkomitmen memberikan program pendampingan untuk mengembangkan potensi diri Adik Bintang (sebutan bagi penerima beasiswa) selama masa perkuliahan. Program pendampingan ini meliputi aktivitas pengembangan karakter, pelatihan kepemudaan, proyek sosial, dan pengembangan karier guna mempersiapkan Adik Bintang memasuki dunia kerja dan semakin bermanfaat di masyarakat.

Loading...

"Program Beasiswa Dian ini ditujukan untuk perempuan-perempuan Indonesia, di mana tantangan yang dihadapi oleh mereka cukup besar. Mereka harus menghadapi mindset yang masih kental tentang perempuan itu tugasnya di dapur, tidak perlu sekolah tinggi, mengurus anak dan lain sebagainya. Dengan adanya program Beasiswa Dian ini harapannya dapat menjawab berbagai stigma yang selama ini terjadi di lingkungan Adik Bintang. Mendukung mereka dapat meraih cita-cita, menjadi role model di wilayahnya masing-masing, serta berperan aktif mendorong perempuan-perempuan lain di lingkungannya untuk berani bercita-cita tinggi. Kami yakin bahwa dari perempuan-perempuan hebat ini akan lahir para penerus bangsa yang hebat juga dan tentunya akan membawa kemajuan di berbagai bidang di Indonesia." Ungkap Yudi Anwar, Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation.

Setelah mendampingi Adik Bintang Beasiswa Dian selama empat tahun perkuliahan, Hoshizora Foundation dan Yayasan Dian Sastrowardoyo mengumumkan kelulusan 11 penerima beasiswa dari batch 2 dan 3 lewat acara "Adik Bintang Graduation - Beasiswa Dian" pada hari Kamis, 11 November 2021.

Dian Sastrowardoyo yang turut hadir selama acara tak kuasa menahan tangis haru mendengarkan ungkapan syukur Adik Bintang karena berkat Beasiswa Dian mereka mampu menyelesaikan pendidikan dan bermimpi lebih tinggi. Tak lupa di akhir acara, Dian menyampaikan wejangan kepada para Adik Bintang dalam menghadapi kehidupan setelah perkuliahan. 

Dian Sastro dan Adik Bintang Beasiswa Dian

"Sesuatu akan terasa sulit karena ketakutan kita sendiri untuk mencoba hal baru. Jika kalian mendapatkan kesempatan untuk magang atau bekerja, jangan ragu untuk bertanya pada hal-hal yang belum dimengerti. Lalu, jangan ragu untuk mengemukakan pendapat dan jangan pernah merasa minder. Karena kalian orang hebat yang punya tempat dan kesempatan yang sama." Ungkap Dian Sastrowardoyo.

Dian Sastrowardoyo bantu 17 perempuan lulus perguruan tinggi

Lewat acara kelulusan ini, para alumni Beasiswa Dian secara resmi menjadi alumni Adik Bintang Hoshizora. Mereka akan dijembatani agar tetap bisa berjejaring, saling memberikan dukungan, dan meningkatkan kesiapan dalam menyambut jenjang lanjutan pasca lulus melalui program Alumni Hoshizora.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red