×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Di Sulawesi Utara, Merah Putih berkibar di 4 tempat unik ini

0

News

Di Sulawesi Utara, Merah Putih berkibar di 4 tempat unik ini

Masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut) punya cara berbeda dalam menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gracey Wakary

19 / 08 / 2019 11:50

Setiap tanggal 17 Agustus, warga Indonesia selalu menggelar Upacara Bendera yang lebih meriah dari biasanya. Upacara Bendera ini juga menjadi agenda hari kebesaran yang wajib dirayakan secara meriah di seluruh wilayah NKRI.

Di Sulawesi Utara (Sulut) sendiri, beberapa komunitas dan organisasi punya cara dan tempat upacara bendera yang berbeda dan di luar kebiasaan. Sekitar empat tempat menjadi lokasi upacara bendera dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia ini. Di mana saja? Ini dia.

1. Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di laut Teluk Manado, kawasan Mega Mall.

Para peserta upacara kenaikkan bendera di bawah air, yang digelar oleh PALAMIK dan ikatan alumni FPIK Unsrat dengan komunitas pecinta lingkungan laut yang ada di Sulut. (graceywakary)

Sekitar 130 penyelam profesional bersertifikat yang merupakan gabungan dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulut, Boboca Diving Club, Basarnas, DKP Sulut, PALAMIK, dan para mahasiswa di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado, pada 17 Agustus 2019 pukul 10.00 Wita menggelar upacara bendera bawah air di Teluk Manado Kawasan Mega Mas. Tiga orang pengibar bendera bawah air sukses mengibarkan Sang Saka Merah Putih dari kedalamam 8 meter hingga ke permukaan air, sementara peserta yang dibatasi dengan tali di area upacara juga khusyuk mengikuti kegiatan ini.

Loading...

2. Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Air Terjun, Minahasa.

Pecinta lingkungan dan keluarga besar Kowaas ikut menggelar upacara bendera disalah satu air terjun yang ada di Minahasa. (graceywakary)

Sekitar 70 orang yang tergabung dalam komunitas pencinta alam di Kabupatena Minahasa dan anggota Paragliding bersertifikat pada 17 Agustus 2019 sekitar pukul 11 Wita juga ikut menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di air terjun Kengkang atau dikenal dengan sebutan Kengkang Waterfall. Upacara ini menarik karena bendera ditancapkan di dinding batu alam yang ada di ketinggian sekira 20 meter. Kemudian tepat pukul 10.00 lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama sama dengan panduan para penari Kabasaran.

3. Upacara kenaikan bendera di kawasan hutan yang terbakar Srawet Batuputih, Bitung.

Para relawan yang ikut membantu memadamkan api di hutan yang ada di Srawet Batuputih Bitung, tidak ketinggalan menggelar upacara kenaikkan bendera salam rangka HUT ke-74 RI. (Graceywakary)

Walau sedang melakukan tugas sebagai relawan untuk memadamkan api dari pembakaran hutan di area Tangkoko Batu Putih, Bitung, namun mereka tidak lupa untuk menggelar upacara kenaikan bendera Merah Putih di area yang telah mereka selamatkan. Para volunteer dari komunitas lingkungan di Sulut seperti Manggala Agni Daops Bitung, Tagana Sulut, komunitas Ranowulu, dan para warga sekitar melakukan kegiatan ini pada tanggal 17 Agustus 2019 pukul 15.00 Wita dengan menggunakan lahan yang mereka selamatkan dari kebakaran hutan.

4.  Upacara kenaikan Bendera Merah Putih di Sungai Bitung.

Upacara Kenaikkan Bendera Merah Putih yang dilakukan di Sungai Girian dalam rangka HUT ke-74 RI. (graceywakary)

Hanya menggunakan tiang bambu dengan ketinggian sekitar 8 meter, Bendera Merah Putih dikibarkan di Sungai Girian yang ada di Kota Bitung. Para relawan pencinta sungai dan anak-anak dari sekolah sungai di Bitung ikut serta pada upacara kenaikkan bendera Merah Putih yang digelar selama 20 menit ini.

Upacara kenaikan bendera Merah Putih ini sendiri memang digelar beda dari biasanya. Ini menunjukkan bahwa Merah Putih tetap menjadi bagian utuh di NKRI. (Foto/Teks: GraceyWakary)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red