Jika kamu mendengar kata Jogja, apa yang terlintas di benakmu? Mantan? Angkringan? Rindu? Ah, hampir setiap orang memiliki deskripsi masing-masing yang membuat kebanyakan orang gagal move on!

Nah, jika kamu sedang mengunjungi kota gudeg ini, kamu bisa menjelajahi destinasi wisata ini meskipun kamu tak memiliki banyak waktu.

Dan berikut beberapa destinasi wisata Jogja yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari. Ada lima sekaligus!


1. Hutan Pinus Mangunan.

5 Destinasi wisata alam Jogja ini bisa dikunjungi satu hari sekaligus

Hutan Pinus yang terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul ini merupakan hutan yang epic dan Instagramable banget untuk dikunjungi. Apalagi ketika sedang musim kemarau, di mana Jogja benar-benar lagi panas-panasnya.

Cukup dengan membayar Rp 5.000 saja kamu sudah bisa menikmati udara sejuk di Hutan Pinus Mangunan ini. Dan Hutan Pinus Mangunan ini merupakan salah satu spot camping yang pertama kali menjadi pelopor destinasi sekitarnya.


2. Bukit Mojo, Gumelem.

5 Destinasi wisata alam Jogja ini bisa dikunjungi satu hari sekaligus

Bukit yang satu ini, paling bagus memang dikunjungi ketika pagi hari. Bukit yang terletak tak jauh dari Bukit Panguk, Kediwung ini merupakan destinasi baru yang layak untuk dijadikan tujuan favorit kamu.

Retribusinya sendiri dulunya masih free, cukup membayar parkir saja. Dari sana, kamu bisa melihat jajaran pegunungan seribu yang memanjang dengan cantiknya.

Tak lupa pula, bukit ini merupakan spot terbaik untuk berburu sunrise. Jika kamu sedang beruntung, kamu akan terlihat seperti sedang berada di negeri awan. Joss!


3. Lintang Sewu.

5 Destinasi wisata alam Jogja ini bisa dikunjungi satu hari sekaligus

Lintang Sewu terletak tak jauh dari Hutan Pinus Asri. Berada di daerah Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Lintang Sewu sudah mulai dikenal diberbagai social media.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti hammocking, hunting foto atau sekadar berburu sunset di beberapa spot. Spot tersebut adalah Tapak Butho, Sarang Tawon, Tugu Lintang Sewu (Replika Pura) dan Panorama Sunset (Jembatan Putus). Dan jika ingin sekadar camping, juga tersedia lahan khusus untuk mendirikan tenda.

Biayanya masih terjangkau, sebesar Rp 5.000 saja, kamu sudah bisa menikmati beberapa spot tersebut. Dan sekadar info saja, Lintang Sewu merupakan tempat terbaik untuk berburu sunset ketika senja. Sayang banget kan apabila dilewatkan begitu saja!


4. Hutan Pinus Pengger.

5 Destinasi wisata alam Jogja ini bisa dikunjungi satu hari sekaligus

Hutan Pinus Pengger merupakan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Masih terletak di kawasan Dlingo, Bantul, Hutan Pinus Pengger ini menawarkan berbagai keistimewaannya.

Tak hanya memberikan kesejukan di alam bebas, Pinus Pengger juga menawarkan cantiknya pemandangan yang bisa dilihat dari sini, terutama bagi kamu yang menyukai fotografi, destinasi yang satu ini sayang jika dilewatkan begitu saja, khususnya bagi kamu yang suka berburu milky way atau cantiknya perkotaan di malam hari.


5. Wisata Watu Amben.

5 Destinasi wisata alam Jogja ini bisa dikunjungi satu hari sekaligus

Lelah berburu milky way di Hutan Pinus Pengger, sesekali sempatkan mampir sejenak ke Wisata Watu Amben. Watu Amben merupakan destinasi wisata alternatif untuk menikmati pemandangan perkotaan di malam hari.

Tak jauh dari Bukit Bintang, Watu Amben masih berada di perbatasan wilayah Bantul. Di sana terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan dan juga minuman, menyerupai Bukit Bintang yang lebih dulu dikenal para pengunjung.

Menyeruput secangkir kopi dengan pemandangan lampu-lampu perkotaan menambah suanan hangat malam itu. Ah, syahdu!

Nah, jika beberapa destinasi wisata di Jogja sudah terlalu mainstream untuk dikunjungi, cobalah mengunjungi destinasi wisata di atas, tentunya referensi destinasi wisata ini akan memberikan pengalaman menarik untuk kamu, ya setidaknya bisa mengobati rasa kangen kamu dengan Kota Pelajar ini, kan!