Tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media saat ini sudah menjadi bagian yang penting dari hidup kita, terutama bagi generasi milenial. Kemudahan mencari dan berbagi informasi yang up-to-date menjadi faktor utama yang menjadikannya begitu melekat pada kehidupan sehari-hari kita. Dibalik banyak keuntungan yang bisa didapat dari perkembangan teknologi ini, tak sedikit hal-hal negatif yang terjadi karenanya juga.

Namun netizen saat ini sudah semakin cerdas dalam menanggapi isu-isu yang beredar deras di sosial media. Tidak hanya sekedar posting status atau meme nyinyir, netizen berikut menelurkan 'hasil karya' yang begitu kreatif dalam menyindir peristiwa tabrakanyang dialami oleh Setya Novanto, tersangka KTP-elektronik.

1. Lagu "Rip Tiang Listrik"

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : instagram.com/yoganata_official

"Rip Tiang Listrik. Sebuah lagu daripada dua buah lagu untuk keluarga besar tiang listrik, semoga diberi ketabahan. Cipt : Saya sendiri", begitu bunyi captionnya.

Video ini mendapat 46.000 views dalam waktu 3 jam setelah diunggah, dan mencapai 240.000 views setelah 10 jam diunggah. Lagu karya pria asal Bali ini mendapat banyak apresiasi dari netizen karena dianggap mewakili suara hati rakyat saat ini. Tak sedikit pula yang menyebut bahwa suara pria ini mirip dengan penyanyi Iwan Fals.

2. Game Android "Tiang Listrik"

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : Playstore

Game Android bernama Tiang Listrik dengan tagline 'Sapa Bilang Nabrak Tiang Listrik Gampang' ini bisa kamu unduh di Playstore. Meski baru diluncurkan, game ini sudah diunduh lebih dari 1.000 kali. Tertulis di keterangannya bahwa sang developer berasal dari kota Yogyakarta. Ukuran game ini sangat ringkas, hanya 2,8MB. Kamu tertarik mencoba rasanya menabrak tiang listrik?

3. Kartun "Save Tiang Listrik"

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : instagram/beluluk

Kartunis dari Bali merilis sebuah gambar kartun di Instagramnya dengan Tagar #SaveTiangListrik. Belum genap 24 jam diunggah, ilustrasi yang lucu dan menggelitik dengan budaya khas Bali ini telah mendapat lebih dari 7.000 likes dari followernya.

4. Komik Strip "Pak Djabat"

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : facebook.com/kustomkomik

Sebuah Halaman Facebook Komik Strip yang biasanya mengangkat topik isu hangat juga tidak ketinggalan menelurkan karyanya yang menyentil kasus Setya Novanto ini. Meski bukan tentang #SaveTiangListrik, namun tema yang diangkat dalam komik stripnya cukup mengena dalam menyindir kasus ini. Komik strip ini sudah dibagi lebih dari 1.300 kali oleh pengguna Facebook.

5 Akun Twitter @TiangListrik_ID

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : twitter.com/tianglistrik_id

Tiba-tiba muncul sebuah akun Twitter dengan nama Tiang Listrik berisi cuitan-cuitan yang seolah-olah Tiang Listrik yang ditabrak Fortuner Setya Novanto itu hidup dan merasakan dampak stres dari kasus yang membawa-bawa namanya ini. Baru baca satu cuitan saja kita sudah ngakak melihat 'curhatan' tiang listrik itu. Kreativitas yang satu ini benar-benar out of the box dan sangat menghibur.

6. Akun Twitter @Bakpao_id

6 Kreativitas warganet atas tragedi tiang listrik Setya Novanto
foto : twitter.com/bakpao_id

Sebagai salah satu 'korban' lainnya, muncul juga akun Twitter Bakpao yang 'curhat' karena tidak terima namanya dibawa-bawa dalam kasus ini. Meski akun Bakpao ini tidak setenar akun Tiang Listrik, namun cuitan-cuitannya yang lucu cukup menghibur dan bisa membuat kita semua tertawa.

Apakah kamu terhibur dengan karya-karya nyinyiran di atas?

Kita selalu memiliki pilihan dalam merespon apapun yang terjadi dalam kehidupan kita. Jika sebagian besar masyarakat menanggapi kasus tabrakan Setya Novanto ini dengan nyinyiran kata-kata pedas, beberapa orang di atas justru mampu berpikir cepat untuk menangkap peluang yang ada. Mereka memilih menyikapinya dengan cara yang lebih cerdas dan penuh kreativitas. Salut untuk mereka semua dan keep #SaveTiangListrik!