Cowok lebih cepat meninggal daripada cewek. Kok bisa? Menurut hasil penelitian dari Scientific American, cewek memiliki harapan hidup lebih lama ketimbang cowok. Bahkan di negara-negara maju, perbedaan selisih harapan hidup antara cewek dan cowok bisa berjarak sampai 10 tahun.

Sementara menurut tulisan David Robson di BBC News, cowok bisa meninggal 3 tahun lebih dulu. Nah, di bawah ini ada penjelasannya lebih lanjut. Simak, yuk ulasannya.

1. DNA pada susunan tubuh

Cowok ternyata lebih cepat meninggal dari cewek? Ini penjelasannya

foto: esciencecommons.blogspot.com

Hal ini terjadi karena kromoson cewek dan cowok yang berbeda. Cowok memiliki kromoson XY dan cewek adalah XX. Kromoson inilah yang memengaruhi usia sel tubuh. Kromoson XX bisa menyimpan salinan dari setiap gen secara ganda sehingga jika ada yang rusak, bisa cepat mendapatkan gantinya. Sementara cowok tidak memiliki salinan seperti cewek. Jadi seiring usia yang menua, cowok lebih rentan terserang penyakit.

2. Perbedaan hormon esterogen dan testosteron

Cowok ternyata lebih cepat meninggal dari cewek? Ini penjelasannya

foto:eharmony.com

David Gems dari Universitas of London mengatakan dalam hasil penelitiannya bahwa testis yang dipotong sebelum pubertas bisa memberi harapan kehidupan sampai 20 tahun lebih lama.

Hormon estrogen pada cewek berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menghilangkan racun kimia yang disebabkan oleh stres. Selain itu juga dapat membantu merawat arteri untuk tetap kuat dan stabil. Bahkan esterogen bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Sementara testosteron pada cowok hanya berfungsi untuk menjaga kekuatan tubuh untuk jangka waktu yang pendek, dan juga seiring bertambahnya usia hormon tersebut akan meningkatkan resiko terkena penyakit seperti hipertensi, infeksi, aterosklerosis, dan juga penyakit jantung

Sebagai tambahan, melansir dari lesswrong.com, selama menstruasi, detak jantung cewek akan meningkat, dan itu bisa digolongkan seperti sedang melakukan olahraga ringan yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Cewek lebih peduli kesehatan ketimbang cowok

Cowok ternyata lebih cepat meninggal dari cewek? Ini penjelasannya

foto:flyertalk.com

Menurut data Agency for Healthcare Research and Quality, cewek lebih sering berkunjung ke dokter untuk mengecek kesehatannya. Sementara cowok tergolong cuek, termasuk ketika mereka sedang sakit. Bahkan ketika sakit, cowok lebih cenderung menutupinya agar tidak ketahuan, dan pola hidup cowok yang tidak sehat seperti merokok juga menjadi penentu.

4. Kehidupan sosial

Cowok ternyata lebih cepat meninggal dari cewek? Ini penjelasannya

foto:kamervibe.com

Dari hasil studi pada tahun 2010 yang dilakukan Universitas Brigham Young, cowok cenderung lebih banyak menyimpan masalahnya seorang diri, sedangkan cewek lebih memilih untuk berbagi pada orang lain. Hal inilah yang menjadi pemicu bahwa tingkat stres yang dialami cowok lebih tinggi ketimbang cewek.

Nah, itulah penjelasan mengapa dikatakan cewek memiliki harapan hidup yang lebih lama ketimbang cowok. Tetap, perihal usia semua tentunya menjadi rahasia dan kehendak Tuhan.