Mendapatkan foto dengan senyuman yang bagus merupakan idaman semua orang. Betapa tidak, kamu akan lebih menarik saat mampu menampilkan sebuah senyuman natural dengan gaya yang khas. Namun, alih-alih ingin memberikan senyuman terbaik, hal yang terlihat malah seperti senyuman bayaran, tidak tulus alias terpaksa.

Tentu saja hal seperti itu akan membuat siapapun yang melihat foto kamu mengernyitkan dahi dan kurang menarik untuk melihatnya. Bayangkan, bila yang melihat foto kamu dengan "senyuman bayaran" adalah calon mertuamu, wah bisa gagal semua rencananya.

Namun tenang saja, ternyata seorang Fotografer bernama Mathieu Stren memahami akan hal ini. Mathieu lantas berbagi tips yang bisa dipraktikkan agar senyum kamu lebih natural di depan kamera. Apa saja? Yuk simak bersama ulasannya.

1. Pejamkan mata kamu!

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Saat lagi ngerasa stres atau badmood, namun tiba-tiba si dia ngajak kamu untuk selfie, jangan nolak dulu. Coba saja tips ini: tutup mata kamu perlahan. Setelah itu, lalu tarik nafas dalam-dalam dan cobalah untuk mulai tersenyum dengan lebih rileks. Setelah itu, buka mata kamu dan rasakan sensasi foto naturalnya.

2. Ganti kata "Cheese"

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Tips kedua adalah tips yang digunakan para aktris dan aktor Hollywood nih. Kamu bisa mulai praktik untuk tersenyum secara natural, gantilah kata "cheese" dan mulailah gunakan kata "money". Seorang aktris Hollywood, Julie Andrews, mengatakan bahwa mengucapkan "money" akan membuat senyum kita lebih lebar dan lebih menarik. Hanya jangan terlalu keras mengucapkan "money", apalagi di ketika sedang foto bersama dengan keluarga si dia. Nanti dikira mata duitan lagi.

3. Melemaskan Otot Wajah

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Biasanya, senyum terlihat lebih kaku karena otot wajah yang ternyata masih menegang. Sehingga, saat sedang di foto, tidak sadar mata dan pipi tidak terkontrol. Cobalah kamu lemaskan terlebih dahulu otot-otot wajahnya sebelum difoto. Kamu juga bisa kombinasikan ini dengan tips pertama tadi, yakni menghela nafas.

4. Pikirkan apapun yang membuat kita senang

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Masih kesulitan juga untuk senyum natural? Coba sekarang pikirkan sesuatu yang membuat kamu senang. Hal ini ternyata akan membantu senyum kamu lebih natural loh! Misalnya, kamu bisa memikirkan sosok Dilan yang begitu asyik menggombali Milea. Dijamin, kamu pasti senyum-senyum sendiri dan akhirnya senyuman kamu terlihat lebih natural.

5. Lakukan gerakan-gerakan bebas

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Terlalu tegang membuat senyum kamu gak natural. Berhentilah fokus ke lensa kamera dan mulailah dulu dengan mengibas-ngibaskan rambut kamu. Selain itu, bisa juga dengan menirukan suara motorboat atau mobil dengan kedua bibir kamu. Hal tersebut biasanya mengundang kamu untuk tersenyum, dan tentunya lebih natural.

6. Membayangkan kita sedang berfoto dengan orang yang kita suka

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Tips ini dijamin mujarab. Berfoto dengan orang yang kamu suka secara tidak langsung pasti akan menimbulkan kebahagiaan dan akhirnya membuat kamu tersenyum natural. Coba saja mulai bayangkan di sampingmu ada sahabat, artis, orang tua, ataupun sosok lain yang begitu dekat dengan kamu. Cuma perlu diingat, jika kamu membayangkan Song Joong Ki berada di sampingmu, Song Hye Kyo bisa marah loh!

7. Meminta Fotografer untuk memberikan sebuah candaan

Coba 7 tips simpel ini, senyummu bakal lebih natural di depan kamera

Bila semua tips sudah kamu coba, ini adalah cara terakhir yang akan membantu kamu tersenyum natural. Tips ini mengharuskan fotografermu bersedia memberikan suatu candaan atau lawakan yang akan membuatmu tertawa akhirnya. Mungkin bisa dengan tebak-tebakan, gombalan-gombalan maut, atau dengan cerita pengalaman yang mengundang senyum.

Saat kamu berhasil tersenyum karena candaannya, fotografer harus segera mengambil momentum dan mengabadikan senyum natural kamu. Sepertinya, jika Sule atau Andre jadi fotografer, siapapun akan tersenyum natural ya.