Ajang pemilihan ratu sejagat atau Miss Universe akan kembali digelar sebentar lagi. Indonesia pun bersiap mengirimkan Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani untuk berlaga. Tidak berjuang sendiri, model cantik ini mendapatkan dukungan penuh dari desainer-desainer tanah air dengan berbagai busana nan cetar. Bunga pun diharapkan dapat tampil memukau sepanjang kompetisi berlangsung.

Dalam press conference hari Jumat lalu, Bunga memeragakan total enam busana yang akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. Busana-busana ini merupakan mahakarya dari beberapa desainer terkemuka. Mulai dari gaun batik berjubah dari Iwan Tirta Private Collection, gaun bernuansa etnik rancangan Ivan Gunawan, gaun koktail rancangan Yogie Pratama, gaun kebaya rancangan Intan Avantie, dan busana resor rancangan Andreas Odang. Terakhir, yang paling ditunggu-tunggu, Bunga untuk pertama kalinya menunjukkan busana nasional (national costume) bernuansa etnik Dayak dengan ornamen satwa orangutan karya Rinaldy Yunardi.

Mari kita lihat satu per satu busana yang akan dikenakan Bunga di ajang Miss Universe 2017, seperti dikutip dari laman Instagram resmi Yayasan Puteri Indonesia.

1.Iwan Tirta - Dewaraja

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Melalui gaun bertajuk "Dewaraja", Iwan Tirta Private Collection berusaha menunjukkan kontribusi dalam melestarikan warisan batik yang merupakan kebudayaan asli Indonesia. Bunga terlihat regal dan elegan mengenakan rancangan batik Iwan Tirta. Keagungan sejarah kerajaan masa lampau dan kekayaan budaya nusantara terlihat nyata dalam busana ini.

2. Ivan Gunawan - Bunga Cino

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Bunga melenggang anggun mengenakan gaun malam bertajuk "Bunga Cino" rancangan desainer kondang, Ivan Gunawan. Sekilas gaun ini terlihat seperti busana tradisional Thailand. Namun jangan salah, busana ini 100% Indonesia dengan bahan dasar menggunakan kain songket Palembang. Warna jingga keemasan terasa sangat serasi dengan kulit Bunga yang berwarna sawo matang. Selain merancang busana untuk Bunga, Ivan Gunawan juga diberi kepercayaan sebagai Fashion & Make-Up Director dalam persiapan Bunga menuju Miss Universe 2017.

3. Yogie Pratama - Powerful Red

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Tampil berani, desainer Yogie Pratama mendandani Bunga dengan balutan gaun koktail berwarna merah menyala. Bagian bawah gaun ini pun mengembang menampilkan citra Bunga sebagai perempuan yang berani, tegas, dan penuh percaya diri. Bunga pun mampu membawakan busana ini dengan sempurna dan penuh keceriaan. Selain gaun ini, Yogie terpilih untuk merancang gaun malam Bunga yang akan ditampilkan di babak Preliminary dan Final. Sayangnya gaun yang satu ini masih dirahasiakan.

4.Andreas Odang -Magical Flower

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Gaun bernuansa resor rancangan Andreas Odang mengambil tema "Magical Flower". Warna hijau menjadi warna dasar busana ini dan dilengkapi dengan motif bunga-bunga berwarna merah jambu. Filosofi di balik warna hijau melambangkan kesuburan tanah air, sedangkan warna merah jambu menonjolkan sisi keanggunan wanita Indonesia yang senantiasa bersikap ramah dan lembut.

5. Intan Avantie - Kebaya Gaoen

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Kebaya sudah menjadi busana yang wajib dibawa perwakilan Puteri Indonesia di ajang internasional, tak terkecuali Miss Universe. Untuk Bunga, Intan Avantie memberikan kebaya berwarna coklat tembaga dan keemasan yang dipadukan dengan kain batik sogan kawung kembang setaman khas Jawa. Kebaya dimodifikasi menjadi asimetris untuk menunjukkan sosok wanita yang sederhana namun dinamis.

6. Rinaldy Yunardi-Warrior Of Orangutan

Mahakarya 6 desainer ini akan dibawa ke ajang Miss Universe 2017
Rinaldy Yunardi mendapatkan kepercayaan untuk merancang national costumeuntuk ajang Miss Universe. Desainer aksesoris kenamaan yang karyanya pernah dikenakan Katy Perry, Nicki Minaj, dan Shakira ini memadukan tema lingkungan dan etnik dalam rancangannya. Seperti namanya, "Warrior of Orangutan" membawa misi lingkungan mengenai konservasi orangutan. Kostum yang terinspirasi dari baju perang ini terbuat dari bahan dasar kertas daur ulang yang dianyam seperti anyaman rotan. Busana nasional ini dipercantik dengan ornamen etnik khas suku Dayak di Kalimantan. Turut ditambahkan pula ornamen wajah orangutan di belakang kepala lengkap rambut keemasan yang menutupi hingga bagian lengan.

Luar biasa bukan busana-busana yang akan dbawa Bunga Jelitha ke Miss Universe 2017. Mari kita berikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada desainer-desainer dalam negeri yang telah mendukung Puteri Indonesia 2017 dengan mahakarya busana yang menawan.