Di era seperti sekarang ini, hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk bekerja. Tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup mengharuskan banyak orang untuk bekerja ekstra. Dampaknya, banyak orang yang harus merelakan waktu tidur mereka untuk bekerja. Tentu saja kondisi tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. Kurang tidur akan memberikan risiko kesehatan jangka panjang yang dapat merugikan dan bahkan berujung pada kematian.

Ini cara mudah atasi risiko kesehatan akibat kurang tidur

Penelitian terbaru memberi solusi untuk masalah tersebut, yaitu dengan cara mengejar ketertinggalan jam tidur pada akhir pekan. Data dari 38.000 lebih orang dewasa yang dikumpulkan selama lebih dari 13 tahun, menunjukan bahwa orang-orang berusia di bawah 65 tahun yang tidur selama 5 jam atau kurang tiap malamnya memiliki tingkat kematian lebih tinggi (65%) dibandingkan mereka yang tidur 6 atau 7 jam setiap malam. Laporan ini dipublikasikan di Journal of Sleep Research.

Meskipun demikian, orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam selama hari kerja dapat meminimalisir risiko kesehatan akibat kurang tidur dengan menambah jam tidur pada akhir pekan menjadi lebih dari 8 jam. Jadi apabila kamu termasuk salah satu yang merasa bahwa waktu tidurmu kurang, silakan atur waktumu untuk tidur minimal 8 jam di akhir pekan.