×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara menjaga kesehatan punggung dan mata selama work from home

0

Kesehatan

Cara menjaga kesehatan punggung dan mata selama work from home

Foto: Uboiz dari Pixabay

Tidak perlu peralatan mahal untuk membuat ruang kerja yang mampu menjaga mata dan memastikan tulang belakangmu tetap baik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rusli Hidayat

29 / 04 / 2020 14:35

Selama work from home kamu akan duduk berlama-lama di depan laptop. Hal ini terkadang membuatmu mengalami sakit pada bagian punggung dan mata. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip dari laman Theguardian, seorang pakar ergonomi, Jodi Oakman, seorang profesor di La Trobe University, Melbourne mengatakan untuk mengatasi hal tersebut bukan hanya sekadar posisi duduk, melainkan pentingnya pendekatan holistik untuk mengatur lingkungan kerja sebelum menangani ruang kerja.

“Di mana kita akan melakukannya dan bagaimana saya akan melakukannya? Jam berapa yang akan saya lakukan? Bisakah saya melakukan semua pekerjaan saya?" Ujarnya.

Perencanaan yang cermat, misalnya bangun lebih awal untuk menyelesaikan tugas-tugas sebelum anggota keluarga lainnya beraktivitas, dapat mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatkan produktivitas yang disarankan Oakman. “Nyeri punggung disebabkan oleh stres terkait pekerjaan serta faktor fisik terkait pekerjaan,” jelasnya.

Itu termasuk memberikan batasan untuk membuat beberapa perbedaan antara rumah dan pekerjaan. Bagi sebagian orang, ini bisa berarti mengenakan pakaian kerja atau mengatakan kepada anggota kekeluarga lainnya "Aku sedang bekerja", atau menetapkan jam kerja yang jelas.

Loading...

Kesehatan punggung.

Semua ahli sepakat bahwa idealnya kursi harus memiliki penyesuaian ketinggian. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketegangan otot yang dapat dapat menyebabkan leher dan punggung terasa sakit. Kursi sangat penting dalam postur yang baik. Banyak kursi yang tidak dirancang secara ergonomis.

Davis, seorang ahli fisiologi olahraga menjelaskan, dia merekomendasikan agar meminta seseorang di rumah untuk mengambil fotomu saat sedang duduk sehingga kamu dapat memeriksa apakah tulang punggung dan kepalamu berada dalam garis lurus. Kursi harus menopang punggung bagian bawah sehingga tulang belakang berbentuk S alami. Jika tidak, Davis merekomendasikan untuk menambahkan bantal atau handuk yang digulung. Kursi juga harus memungkinkan lutut dan siku berada di sudut yang benar untuk meminimalkan ketegangan otot yang tidak perlu.

Jika kursi terlalu tinggi dan kakimu tidak sampai, Davis merekomendasikan menambahkan permukaan yang stabil untuk menopangnya, seperti sekotak rim kertas. Meja kerja juga harus menopang siku, jika terlalu tinggi cobalah tambahkan bantal di atas kursi yang kamu duduki.

Kesehatan mata.

Keyboard dan mouse kamu harus terletak sekitar 8 cm hingga 10 cm dari tepi mejamu dan bagian atas monitor harus berjarak sekitar satu lengan. Monitor juga harus setinggi mata untuk menghindari condong ke depan atau belakang.

 

Jika menggunakan laptop dan harus berlama-lama, kamu harus menggunakan keyboard dan mouse eksternal sehingga dapat menaikkan laptop setinggi mata menggunakan sesuatu seperti kotak sepatu untuk mencegah membungkuk.

Sebagai ahli fisiologi olahraga, Davis mengatakan istirahat teratur sangat penting. Pastikan untuk turun dari kursi setiap 30 hingga 45 menit untuk bergerak, meregangkan tubuh, dan mengubah posisi. Ini akan menggeser ketegangan antara cakram intervertebralis, peredam kejut tulang belakang.

Olahraga akan membantumu.

Menurut Davis, olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik. Olahraga juga merupakan cara yang brilian untuk memperkuat otot dan melindungi punggungmu, terutama melalui latihan inti yang kuat dan latihan beban tubuh.

Oakman menekankan pentingnya keluar dan bergerak untuk kesehatan fisik dan mental. "Salah satu alasan kita diizinkan di luar adalah untuk berolahraga, dan kamu perlu menggunakannya - itu benar-benar penting." Ujarnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red