×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara menghindari 5 kesalahan kecil saat berpuasa ala Yulia Baltschu

0

N/A

Cara menghindari 5 kesalahan kecil saat berpuasa ala Yulia Baltschu

Saat berpuasa tanpa sadar terkadang kita melakukan kesalahan kecil yang berbahaya bagi tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

09 / 05 / 2019 13:15

Bulan puasa merupakan momen yang bagus untuk ibadah dan memperbaiki kesehatan fisik luar dan dalam. Kebanyakan dari kita sering kali melupakan makna puasa sebagai bentuk dari pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Sering kali kita melakukan kesalahan-kesalahan seperti nafsu makan menggila ketika berbuka, dan sebaliknya, nafsu makan hilang saat sahur. Sehingga hal ini akan berdampak pada kesehatan dan bentuk badan setelah puasa.

Cara menghindari 5 kesalahan kecil saat berpuasa ala Yulia Baltschu

Yulia Baltschun, selebgram sekaligus YouTuber membagikan 5 kesalahan yang harus dihindari ketika berpuasa di akun YouTube-nya. Video tersebut diunggah pada 6 Mei 2019, bertepatan di bulan Ramadan. Dalam video yang berjudul “Kesalahan Kecil ini Sangat Berbahaya, Berpuasa lah Tanpa Gendut (Buka Puasa dan Sahur)" berisikan 5 poin kesalahan yang berbahaya ketika berpuasa. Berikut 5 poin yang disampaikan oleh Yulia.

1. Antacid.

Cara menghindari 5 kesalahan kecil saat berpuasa ala Yulia Baltschu

Loading...

Mengonsumsi antacid/antasida atau biasa dikenal sebagai obat maag sebelum makan baik di waktu sahur atau berbuka puasa, ketika kita merasa sakit ulu hati, sakit perut, karena langsung menyimpulkan sakit maag. Sakit lambung itu banyak penyebabnya, gak hanya dikarenakan kelebihan asam lambung. Bisa jadi dikarenakan ada luka di lambung atau produksi asam lambung berlebih.

Tapi banyak yang tak tau jika sakit ulu hati yang kadang nyelekit, perih sampai atas itu tak hanya disebabkan asam lambung. Sebelum kamu mengonsumsi obat-obat medis, coba bahan yang natural seperti lemon, atau apple cider vinegar. Sebab jika sakitmu sudah reda bisa jadi kamu punya gerd atau acid reflux.

Acid reflux atau gerd tidak selalu disebabkan asam lambung saja, bisa saja disebabkan kondisi asam lambung pada keadaan normal, atau bahkan pada beberapa orang jumlah asam lambungnya sangat kekurangan. Jadi, apa itu acid reflux? Acid reflux merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke atas sampai ke luar dari katup lambung, sampai naik ke bagian kekerongkongan. Ini yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri, ngilu, perih ulu hati, atau bahkan mual.

Penyebab adanya acid reflux dikarenakan banyak faktor, seperti mengalami stress yang menyebabkan jumlah asam lambung tidak stabil. Selain itu penyebab lainnya adalah makanan seperti karena sensitif pada jenis makanan tertentu, pola makan yang tidak teratur, jam makan yang berubah seperti pada saat puasa padahal biasanya melakukan sarapan di pagi hari dan juga makan siang.

Penyebab timbulnya acid reflux lainnya adalah gas. Gas yang ada di usus pelan-pelan naik ke atas dan mendorong asam lambung yang sedikit. Karena adanya dorongan tersebutlah yang membuat asam lambung naik.

 

2. Berbuka yang manis. 

Sumber: http://harnas.co/2019/05/06/khasiat-kurma-untuk-kesehatan-hingga-vitalitas-pria

'Berbuka dengan yang manis' merupakan slogan yang banyak didengungkan. Padahal hal itu salah. Yulia mengatakan jika menurut buku karangan Prof. Dr. Abdul Basith M Sayyid, Nabi Muhammad menyarankan berbukalah dengan buah kurma. Meskipun kurma mengandung gula, akan tetapi gula dalam kurma terdiri dari fruktosa dan glukosa, sehingga kurma dapat membanu recovery setalah berpuasa. Bukan malah buka puasa dengan yang manis seperti es sirup cocopandan, atau kolak yang justru banyak sekali kandungan gulanya. 

 

3. Makanan utama.

Sumber: http://www.arwini.com/kategori-makanan-yang-harus-dihindari-saat-berbuka-puasa/

Jangan karena sudah lapar, lalu kamu segera berbuka dengan makan makanan utama. Hal tersebut sama sekali gak boleh dilakukan. Pertama ususmu akan berat karena seharian puasa nggak dikasih minum dan sudah langsung makan makanan yang berat. Usus pun mencernanya akan seret.

Alasan kedua, kalau langsung lahap makanan ini itu, kamu akan kenyang dan keinginan untuk minum jadi berkurang. Ditambah lagi kalau kita makan beratnya dengan makanan yang berkuah, kamu bakal gak mau minum karena volume airnya jadi lebih banyak. Padahal kuah seperti sup, kuah bening banyak mengandung msg dan garam (kandungannya gak sama dengan air putih). Dengan demikian kamu pun akan lupa kebutuhan dan keseimbangan gizi apa yang dimakan. Alhasil kamu kenyang tapi protein yang dikonsumsi rendah, no fiber, minim vitamin, bahkan mineralnya tak ada. Selalu ingat untuk melengkapi gizi apa yang kita makan dan kenyang pasti akan mengikuti. Jadi kamu harus menghindari makan berat dulu ya.

 

4. Sahur.

sumber: https://rukun-islam.com/hukum-sahur-puasa-di-bulan-ramadhan/

Kesalahan ini terjadi jika kamu sahur pada jam-jam mepet waktu imsak. Dengan demikian kamu akan fokus pada volume yang dimakan (ini berimbas pada gizi), makan dengan cepat karena buru-buru sehingga makanan yang kamu makan tidak dapat dicerna dengan sempurna. Pada akhirnya kamu akan merasa lebih cepet lapar, lesu, lemas, dan pada saat buka puasa kamu bakal balas dendam dengan makan yang banyak.

 

5. Mindset.

Cara menghindari 5 kesalahan kecil saat berpuasa ala Yulia Baltschu

Jangan lupa makna dari puasa. Ini paling sering kelihatan di sosial media karena pada saat berbuka sering kali pamer buka puasa di restauran ini itu dengan menu yang begitu banyak. Memakan terlalu banyak makanan akan berimplikasi pada kesehatan, bentuk badan jadi gak bagus, bahkan membuat mental jadi gak sehat.

Banyak orang di luar sana yang kelaparan karena gak bisa makan sebanyak yang kita makan. Hargai orang yang tidak mampu, hargai juga diri kita. Kita harus bisa mengontrol dan menahan nafsu makan di waktu puasa. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh ibadah, jangan sampai melakukan kesalahan yang membuat puasa tidak dapat berjalan dengan lancar ya.

Semangat berpuasa, semoga berkah!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red