Asam urat yaitu penyakit yang biasanya menyerang pada lelaki yang sudah berusia di atas 40 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa wanita juga bisa terserang, dan anak muda pun dapat terkena. Asam urat diakibatkan oleh kelebihannya zat purin dalam tubuh yang akhirnya menumpuk di bagian persendian, sehingga mengakibatkan keluhan pada sendi.

Singkatnya, asam urat bisa menimbulkan gejala berupa sakit, kemerahan, dan bengkak pada sendi tubuh. Contohnya seperti sendi lutut, pergelangan kaki dan telapak kaki, namun biasanya asam urat lebih sering menyerang pada jempol kaki, seperti pada gambar di bawah ini.

Campuran cuka apel dengan 3 bahan ini bisa bantu atasi asam urat

Sumber:https://rheumapas.com

Tapi tenang saja sebab ada penyembuhan alami untuk mengobati asam urat, yaitu dengan menggunakan cuka apel. Ini karena cuka apel mengandung kalsium, zat besi, dan kalium tinggi yang bisa membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh asam urat. Selain itu cuka apel dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menghambat pembentukan kristal asam urat.

Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan cuka apel tidak boleh sembarangan. Ada cara yang benar untuk melakukannya, yakni dengan mencampurkannya dengan bahan lain.

1. Cuka apel dengan jus lemon.

Caranya terlebih dahulu kamu harus membuat jus lemon yang kemudian ditambahkan dengan 1 sdm cuka apel, dan aduk hingga merata. Kandungan pada lemon sangat bisa membantu melawan asam urat dan mampu meredakannya. Jika tidak ada lemon kamu bisa menggantinya dengan ceri. Untuk caranya sama saja dan kandungan pada ceri pun juga tidak jauh berbeda dengan yang terkandung pada lemon.

2. Cuka apel dengan kunyit.

Kita tahu bahwa kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti radang yang sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit, salah satunya asam urat. Kamu bisa memadukan kandungan yang terdapat pada cuka apel dan kunyit untuk mengobati asam urat. Cara membuatnya, kamu harus menumbuk dulu kunyit atau jika sudah memiliki kunyit bubuk siapkan saja sebanyak 1 sdt, kemudian masukkan ke dalam air hangat dan tambahkan cuka apel sebanyak 1 sdm. Nah, ramuan tinggal diaduk dan diminum dengan ruim, setiknya satu kali sehari.

3. Cuka apel dengan kayu manis.

Kayu manis juga bisa dipadukan dengan cuka apel, bahkan kayu manis bisa dibilang memiliki kandungan yang paling bagus untuk mencegah penumpukan asam urat. Apalagi dipadukan dengan cuka apel, pasti minuman ini akan sangat baik untuk mengatasi penyakit asam urat. Untuk cara membuatnya sama seperti mengolah cuka apel dengan kunyit. Jadi kamu hanya tinggal mengganti kunyit dengan kayu manis bubuk.

Nah, itulah 3 cara mengolah cuka apel yang dapat kamu gunakan untuk mengobati penyakit asam urat.