Ketika batuk, kebanyakan orang pasti menggunakan obat-obat yang dijual di pasaran. Namun biasanya, obat-obat tersebut menimbulkan efek samping.

Padahal banyak obat alamiah, bahkan itu berasal dari bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobatinya. Apa saja?

1. Cengkeh.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Tanaman asli Indonesia ini selain dipakai untuk bumbu masakan atau hiasan kue kering juga bisa dipakai sebagai obat batuk lho. Caranya siapkan 15 biji cengkih, 1 buah pala, 6 buah jeruk nipis dan 15 lembar daun sirih.

Cara membuatnya: tumbuk cengkih sampai halus, lalu belah jeruk nipis menjadi 2, rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih (saat merebus sebaiknya panci dibiarkan terbuka agar penguapan berlangsung lebih cepat), tunggu sampai air rebusan tersisa 1 gelas kemudian angkat panci dari atas api.

Setelah dingin, masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol dan minum secara teratur. Wanita hamil tidak dianjurkan mengonsumsi cengkih secara berlebihan karena cengkih dapat menimbulkan iritasi pada lambung, memicu kolitis (radang usus besar), dan sindrom iritasi usus.


2. Adas.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Untuk mengatasi batuk menggunakan adas, ada lebih dari satu resep yang bisa digunakan. Diantaranya : Resep 1 yaitu seduh 5 gram serbuk biji adas dengan cangkir air mendidih. Dinginkan, lalu saring. Tambahkan 1 sendok teh madu, kemudian aduk sampai rata.

Minum sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh. Resep yang kedua yaitu siapkan dulu bahan-bahannya : genggam daun saga, 2 kuntum bunga kembang sepatu, 1genggam daun poko, 10 kuntum bunga tembelekan, 2 siung bawang merah, 1 sdm biji adas, 1 ibu jari pulasari, 1 ibu jari jahe, 3 ibu jari gula merah.

Cara membuatnya pertama-tama cuci bersih semua bahan di atas dan potong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas, dinginkan dan saring. Minum sebanyak 3 kali gelas setiap hari.


3. Cabai jawa.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Secara fisik, cabai jawa berbeda jauh dengan cabai yang yang biasa kita konsumsi. Cabai jawa ini lebih besar dan bertekstur kasar. Untuk membuatnya menjadi obat, cukup cuci bersih 6 buah cabai jawa mentah kering, lalu tumbuk sampai halus.

Minum dengan 1 sdm madu. Lakukan 1 kali setiap hari dengan dosis yang sama.
Resep ini dapat digunakan juga untuk mengobati demam pasca-melahirkan, penguat lambung, gangguan paru-paru, penyakit jantung, tekanan darah rendah, dan hidung berlendir.


4. Jeruk nipis.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Si bulat satu ini memang kaya manfaat ya. Nah untuk menjadikan jeruk nipis menjadi obat batuk ada 2 cara. Cara 1, peras 1 buah jeruk nipis, lalu campur air perasannya dengan 1 sdm kecap manis dan garam secukupnya. Minum secara teratur sebanyak 1 kali sehari selama sakit.

Yang kedua peras 1 buah jeruk nipis, lalu campur air perasannya dengan sdm serbuk pala dan 1 sdm minyak kayu putih. Aduk sampai merata, dan gunakan sebagai bedak dengan cara dioleskan ke punggung dan dada. For your information nih, tingkat keasaman jeruk nipis sangat tinggi sehingga air buahnya dapat merusak email gigi jika tidak diencerkan dengan air terlebih dahulu

5. Kapulaga

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Kapulaga ini selain biasa digunakan sebagai jamu tradisional, juga bisa dipakai untuk mengobati batuk lho. Cuci 6 gram buah kapulaga sampai bersih, lalu rebus dengan 200 ml air selama 15 menit. Dinginkan, lalu minum sekaligus. Ulangi pengobatan sampai sembuh.


6. Ketumbar

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Bentuknya bulat dan kecil, tapi segudang manfaatnya. Untuk obat batuk, cukup rebus ketumbar, kayu manis, kumis kucing, dan gula aren. Lalu dinginkan sejenak. Saring dan minum secara rutin.

Bisa juga dengan memasak ketumbar, jahe dan buah pir dengan cara di tim. Lalu dimakan. Pada beberapa orang, ketumbar dapat menimbulkan reaksi hipersensivitas berupa syok atau alergi sistemik akut. Jadi hati-hati ya.

7. Seledri

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Memasak sup belum lengkap rasanya tanpa seledri. Siapa sangka si hijau ini ampuh untuk menyembuhkan batuk. Caranya cuci bersih 30 gram seledri segar utuh, lalu potong-potong seperlunya.

Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring dan tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, setiap pagi dan sore.


8. Serai

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Serai ini memiliki aroma yang khas. Maka tak heran jika sering digunakan sebagai aromaterapi. Untuk membuatnya sebagai obat batuk, rebus 60 gram batang serai kering, lalu minum sebagai teh.


9. Bawang putih.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Tumbuk halus 3 siung bawang putih, lalu campur dengan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya sampai merata. Peras/saring dan minum setiap pagi sampai keluhan sembuh. Fyi, biarkan bawang putih selama 15 menit sebelum dimasak agar zat-zat antikanker atau sulfur aktif terlebih dahulu dan tidak rusak akibat pemanasan.

Demikian pula jika ingin mengonsumsi bawang putih mentah, sebaiknya dihancurkan dan dibiarkan terlebih dahulu agar khasiat antikanker bekerja maksimal.

10. Bawang daun.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Untuk menjadikannya obat batuk, sederhana saja. Seduh 4 helai bawang daun besar dengan 1 liter air panas. Saring, lalu minum.


11. Kencur.

11 Bumbu dapur yang bisa meringankan batuk, kembali ke alam

Untuk yang satu ini, ada 2 cara. Pertama, parut 1 ibu jari kencur dan tambahkan garam secukupnya. Tambahkan secangkir air hangat. Peras, dan saring, lalu minum. Sedangkan yang kedua, kuliti 1 ibu jari kencur dan kunyah. Sesap airnya dan buang ampasnya. Lakukan setiap pagi secara rutin.

Nah, demikian beberapa resep yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk dengan menggunakan bumbu dapur yang biasa kita gunakan sehari-hari. Bahan-bahannya murah, pembuatannya juga mudah, dan yang terpenting tidak menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaa :)