Pernah membayangkan, bagaimana rasanya menikmati santap makan dikelilingi dengan ratusan kondom? Tenang, rasa jijik yang terlintas di kepala seketika akan sirna begitu kamu datang ke Cabbage & Condoms, sebuah restoran yang berlokasi di Sukhumvit, kawasan elit di Bangkok, Thailand. Di tempat ini, kondom-kondom itu disulap menjadi hiasan manekin dan meja yang super fashionable dan artistik dengan warna warni cerah sehingga lebih sedap dipandang mata.

Meski, terkesan mencari sensasi belaka, namun jangan salah, karena sang pendiri, mantan politisi dan aktivis Mechai Viravaidya justru punya misi sosial di balik pembangunan restoran ini. Bersama Population & Community Development Association (PDA), lembaga non profit yang ia dirikan tahun 1974, Mechai berupaya mengenalkan pendidikan seks aman dan kelahiran terencana terhadap masyarakat dan pengunjung resto.

Bukan sekadar sensasi, restoran kondom ini ternyata punya misi khusus

Tahun 1970-an, pertumbuhan penduduk di Thailand memang cukup tinggi, untuk itulah ia berharap agar kondom mudah didapat untuk menekan laju kelahiran. Tak heran, jika restoran ini punya slogan remember our food is guaranteed not to cause pregnancy. Saat pulang pun, tiap pengunjung juga akan diberikan sebuah kondom untuk dibawa pulang, wow!

Bukan sekadar sensasi, restoran kondom ini ternyata punya misi khusus

Mengikuti kesuksesan di Thailand, Cabbage & Condoms pun dibuka di Bicester, Oxfordshire, Inggris. Pengunjung juga akan ditawari untuk membeli merchandise bertema kondom dan seks aman, di mana hasil penjualan akan didonasikan ke lembaga amal. Bahkan, resto ini juga memfasilitasi layanan konsultasi keluarga berencana setiap di akhir santap makan.

Selain, pesan sosialnya yang menarik perhatian, menu makanan di resto ini juga dinilai sebagian besar penikmatnya, memiliki rasa menggugah selera. Marian Burros dari The New York Times bahkan menyebut jika, resto ini memiliki menu dimsum serta sup udang yang begitu menggoda dengan harga terjangkau. Wah, wah, gimana tertarik coba?