Dunia musik Korea atau yang biasa yang disebut K-Pop memang tidak bisa dipandang sebelah mata keberadaannya. Di industri yang marak dengan girlband dan boyband yang diisi oleh para personilnya yang bukan cuma cantik dan tampan tapi juga memiliki kualitas vokal yang mumpuni dan piawai melakukan gerakan koreografi tari.

Jika disuruh memilih satu yang terbaik dari masing-masing girlband dan boyband yang ada, jelas merupakan kesulitan. Karena kualitas mereka yang merata dan masing-masing memiliki cirinya tersendiri. Bahkan, beberapa dari grup tersebut ada yang memperoleh kesuksesan di luar Korea, seperti di Jepang, atau di Amerika Serikat yang terkenal dengan chart music billboard-nya. Di bawah ini adalah daftar girlband dan boyband K-Pop yang sukses meraih penghargaan bukan hanya di negara asalnya. Siapa aja? Yuk, simak.

1. Super Junior

Bukan cuma di Korea, 6 idol/grup Kpop ini juga sukses di luar negeri

foto:allkpop.com

Siapa yang gak kenal idol/grup Kpop satu ini? Yap, Super Junior. Idol/grup yang bisa dibilang senior ini beberapa kali menyabet penghargaan musik dari luar Korea. Siwon dan kawan-kawan seperjuangan yang diberi nama Super Junior ini pernah meraih penghargaan di World Music Award pada 2013 untuk kategori Best Live Act, dan grup asal Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Teen Choice Awards pada tahun 2015 di kategori Choice International Artist dan Choice Fandom.

2. Girls Generation

Bukan cuma di Korea, 6 idol/grup Kpop ini juga sukses di luar negeri

foto:bintang.com

Girlband satu ini bisa disebut sepantaran dengan Super Junior. Girls Generation atau SNSD juga gak kalah kece. Mereka pernah mendapat penghargaan dari iTunes Rewind sebagai Best New Artist pada 2011, dan penghargaan dari YouTube Music Awards sebagai Video of the Year lewat lagu I Got A Boy pada 2013. Selain itu, SNSD juga sering diundang untuk tampil di panggung musik dan juga sering menjadi bintang tamu di acara talkshow di Amerika Serikat.

3. EXO

Kualitas dari idol/grup Kpop yang satu ini juga gak bisa dipandang remeh. Beranggotakan 9 cowok ganteng yang juga jago nyanyi dan nari, lewat lagu Growl, EXO menyabet penghargaan World's Best Song di acara World Music Awards pada 2013. EXO juga pernah mendapat penghargaan dari MTV Europe Music Awards pada tahun 2014 di kategori Best Japan & Korean Act.

4. 2NE1

Bukan cuma di Korea, 6 idol/grup Kpop ini juga sukses di luar negeri

foto:bintang.com

Sebenarnya sangat disayangkan ketika idol/grup KPop ini menyatakan bubar setelah 7 tahun berkarya. 7 tahun yang mengesankan karena 2NE1 sempat berhasil menjadi ratu girl grup KPop dengan penghargaan yang berlimpah dari skala Nasional, Asia, bahkan Internasional.

2NE1 sempat mendapat penghargaan di MTV Iggy sebagai Best New Band in the World tahun 2011, Song of the Summer tahun 2013, dan Song of the Year tahun 2014. Mengesankannya lagi, di tahun berikutnya, yakni 2015, 2NE1 berhasil meraih penghargaan Honored Artist di acara YouTube Music Awards lewat lagu Gotta Be You.

5. BigBang

Bukan cuma di Korea, 6 idol/grup Kpop ini juga sukses di luar negeri

foto:soonji.com

Daesung, Taeyang, Seungri, T.O.P, dan G-Dragon adalah nama-nama yang gak asing lagi di telinga para pecinta musik Korea dan dunia Internasional. Pasalnya, band yang sudah lebih dari 10 tahun berkarya ini bukan cuma eksis di negaranya sendiri, tapi juga di kancah musik Internasional.

Sebut saja pada tahun 2011, BigBang menyabet penghargaan untuk Best Worldwide Act di MTV Europe Music Award, lalu di 2014 tepatnya pada perayaan World Music Award, Bigbang meraih 3 penghargaan untuk World Best Group, World's Best Live Act, dan World's Best Video of the Year. Lalu penghargaan Honored Artist pada 2015 di YouTube Music Awards. Disusul Best Artist From The World di Italian MTV Awards pada 2016.

Bahkan di 2017 ini, BigBang mendapat nominasi dalam kategor Favorite Global Music Star di Nickelodeon Kid's Choice Awards, padahal mereka sedang tidak mengeluarkan album atau lagu baru.

6. BTS

Bukan cuma di Korea, 6 idol/grup Kpop ini juga sukses di luar negeri

foto:vice.com

Meski masih terbilang baru dan hanya lahir dari label rekaman kecil, tapi masalah kualitas BTS gak kalah dengan yang lain. Sejak kemunculan idol/grup KPop ini memang sudah langsung menyita perhatian. Berisikan Jungkook, J-Hope, Jin, Rap Monster, V, Suga, juga Jimin, BTS tak membuang waktu lama dan langsung menggebrak panggunghiburan musik Korea.

Lewat lagu Not Today, bahkan BTS berhasil mengalahkan Harry Styles dan Niall Horan dengan sukses memuncaki tangga lagu Billboard Twitter Top Tracks selama tiga minggu berturut-turut. Maka gak heran kalau BTS jadi idol/grup asal Korea pertama, bahkan asal Asia pertama yang berhasil membawa pulang penghargaan Billboard Music Awards (BBMAs) 2017 lewat kategori Top Social Artist, mengalahkan Justin Bieber.

Itulah 6 idol/grup KPop yang gak cuma sukses di Korea, tapi juga di skala Internasional. Idola kamu yang mana?