Dunia musik hiphop Tanah Air sedang ramai dengan kemunculan para Rapper yang menyita perhatian. Sebut saja Young Lex yang sempat menggemparkan warganet dengan kemunculan lagunya berjudul, GGS (Ganteng Ganteng SWAG), yang berkolaborasi dengan beberapa Youtubers menjadi perbincangan yang tak habis dalam sehari. Ditambah lagi lagunya yang lain bertajuk, Bad, yang berkolaborasi dengan Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama, Awkarin, membuat nama Young Lex begitu cepat dikenal.

Atau juga kemunculan Rich Chigga dengan lagu-lagunya seperti Who That Be, Back At It, Seventeen, Dat $tick, dan yang terbaru Glow Like Dat, yang juga sukses mencuri perhatian sampai ke mancanegara. Alhasil nama Rich Chigga dilabeli sebagai rapper yang pantas disandingkan dengan nama-nama besar lainnya.

Tapi selain dua nama tersebut, ternyata masih ada 4 rapper Indonesia yang nggak bisa dianggap remeh dan juga sayang untuk dilewatkan karya-karyanya. Siapa saja mereka? Yuk simak di bawah ini.

1. Sonjah

4 Rapper muda dengan kualitas vokal yang mumpuni

foto: musikid.com

Rapper asal Surabaya yang bernama asli Rendy Liverinsiano ini nggak kalah keren. Menaruh nuansa jazz dan hiphop pada karyanya serta lirik yang penuh makna terhadap beragam isu dan topik membuat karya-karyanya patut didengarkan.

2. A. Nayaka

4 Rapper muda dengan kualitas vokal yang mumpuni

foto:rollingstone.co.id

Menelurkan album berjudul, Curriculum Vitae, pada 2016 lalu, membuat pemilik nama Ariel Nayaka ini layak untuk ditaruh karya-karya ke dalam playlist lagu pecinta musik khususnya hip-hop. Tidak puas sampai pada album itu, A. Nayaka kembali mengeluarkan mini-album bertajuk, Colorblindflo, pada tahun ini.

3. Laze

4 Rapper muda dengan kualitas vokal yang mumpuni

fotto:rollingstone.co.id

Tergabung dengan Collective Creative Group, Havie Prakasya atau Laze menelurkan single yang berjudul Budak dengan membawa nuansa hip-hop 90-an. Yang juga membuat namanya tak pantas jika tak ada di daftar penggemar hip-hop Tanah Air.

4. Underground Bizniz Club

4 Rapper muda dengan kualitas vokal yang mumpuni

foto:instagram.com/undergroundbiznizclub

Sebuah kelompok hip-hop dan rapper yang satu ini gak perlu diragukan lagi. Tampil bersama atau secara sendiri-sendiri mereka memiliki kemampuan yang gak boleh dianggap remeh. Kelompok yang di dalamnya terdapat nama-nama rapper berbakat seperti, Matter Mos, yang sedikit akan membuat pendengar mengingat Kanye West, Kendrick Lamar, atau J.Cole karena sentuhan nuansa Nujabes. Lalu Ramengvrl, rapper muda pemilik nama asli Putri Soeharto yang juga gak kalah berbakat dengan flow yang asik. Lalu Gbrand, rapper yang pernah berkolaborasi dengan EEVNXX alias Agung Hapsah, dan juga Tuan Tigabelas yang menaruh nuansa musik soul pada karyanya.

Itulah para rapper Tanah Air yang sayang jika dilewatkan karya-karyanya, mereka muda, berbakat, penuh semangat dan berkarya dengan penuh cinta pastinya.