Pada tanggal 17 Agustus nanti kita bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-73. Ini adalah salah satu nikmat yang wajib kita syukuri karena mendapatkan kemerdekaan itu tidaklah mudah. Para pahlawan harus berdarah-darah bahkan mengorbankan nyawa mereka untuk kemerdekaan Indonesia ini. Jadi mari sama-sama kita jaga dan syukuri nikmat Tuhan yang besar ini serta jangan lupa untuk mendoakan yang terbaik untuk para pahlawan kita.

Namun tahukah kamu kalau bukan hanya Indonesia yang merayakan kemerdekaan di bulan Agustus. Ada puluhan negara di dunia yang merdeka di bulan yang bernama 'August' dalam bahasa Inggris ini. Bahkan ada satu negara di Afrika yang merayakan hari kemerdekaan sama dengan kita, yaitu 17 Agustus. Mau tahu negara mana saja yang bebas dari belenggu penjajahan di bulan setelah Juli ini? Yuk cek sama-sama!

1. Benin - 1 Agustus 1960

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara Benin & Tarian Voodoo dari Benin Sumber: Google Maps & Pixabay/Afrikit

Republik Benin adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Ibukota negaranya adalah Porto-Novo dan berbahasa resmi Perancis. Negara yang luasnya hampir sama dengan pulau Jawa ini merdeka dari Perancis pada 1 Agustus 1960. Negara yang sebelum tahun 1975 bernama Dahomey ini dihuni oleh sekitar 11 juta orang.

2. Bolivia - 6 Agustus 1825

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara Bolivia & Salar De Uyuni di Bolivia Sumber: Google Maps & Pixabay/otsuka88

Negara ini terletak di Amerika Selatan dan merupakan tetangga Brazil. Bolivia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 6 Agustus 1825 dari Spanyol. Negara ini memiliki dua ibukota, yaitu Sucre (konstitusional) dan La Paz (de facto). Luas wilayah Bolivia kurang lebih setengah luas wilayah Indonesia dengan penduduk yang hampir sama dengan negara Benin, yaitu sekitar 11 juta jiwa.

3. Singapura - 9 Agustus 1965

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara Singapura & Pohon Artifisial di Singapura Sumber: Google Maps & Pixabay/Free-Photos

Tetangga Indonesia ini ternyata merayakan hari kemerdekaannya di bulan Agustus juga. Negeri Singa ini memproklamirkan hari jadinya pada 9 Agustus 1965 dari Federasi Malaysia. Walau pun luas Singapura hampir sama dengan kota Jakarta, tapi pendapatan penduduknya adalah yang tertinggi di Asia Tenggara bahkan masuk 10 besar di dunia.

4. Korea Selatan dan Korea Utara - 15 Agustus 1945

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara Korea Utara dan Korea Selatan Kiri:Gwanghwamun di Seoul, Kanan: Grand Monumen di Pyongyang Sumber: Google Maps & Pixabay/Choe/Alex_Berlin

Dua hari sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Korea Selatan dan Korea Utara mendapatkan kemerdekaannya dari Jepang. Jadi, pada hari rabu nanti kedua negara akan sama-sama merayakan hari kemerdekaannya. Saat ini pengaruh kedua negara, terutama Korea Selatan cukup besar bagi dunia. Korea Selatan dengan produk teknologi dan kebudayaannya berhasil mencuri perhatian dunia. Bahkan mungkin pembaca Brilio saat ini sedang menggunakan perangkat asal Negeri Ginseng untuk mengakses konten-konten di Brilio.

5. Gabon - 17 Agustus 1960

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara dan bendera Gabon Sumber: Google Maps & Pixabay/Etereuti

Ini dia negara yang memiliki hari kemerdekaan yang sama dengan Indonesia, 17 Agustus. Hanya saja Gabon memproklamirkan kemerdekaannya tepat saat Republik Indonesia berusia 16 tahun. Negara ini terletak di pantai Atlantik di Afrika bagian tengah. Bukan hanya tanggal kemerdekaan yang sama dengan Indonesia, area kedua negara juga sama-sama terletak di wilayah ekuator. Luas wilayah Gabon yaitu sekitar 2 kali luas pulau Jawa, tapi jumlah penduduknya hampir sama dengan jumlah penduduk kota Tangerang.

6. Afganistan - 19 Agustus 1919

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi & Lanskap Afganistan Sumber: Google Maps & Pixabay/12019

Afganistan adalah sebuah negara terkurung daratan di Asia Selatan. Luas wilayahnya kira-kira sepertiga luas Indonesia. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 19 Agustus 1919 dari Britania Raya. Lanskap Afganistan yang bergunung-gunung membuat negara ini sangat indah. Titik tertinggi di sana adalah puncak Noshaq yang memiliki ketinggian sekitar 7.492 mdpl.

7. Malaysia - 31 Agustus 1957

Tak cuma Indonesia, 7 negara ini rayakan kemerdekaan di bulan Agustus

Peta lokasi negara Malaysia dan Menara Petronas Sumber: Google Maps & Pixabay/Walkerssk

Tetangga kita ini juga memperingati hari kemerdekaanya pada bulan Agustus, tepatnya di akhir bulan. Malaysia merdeka di Britania Raya dan sampai saat ini Malaysia merupakan salah satu negara anggota Persemakmuran. Negara kita berbagi pulau dengan Malaysia (dan juga Brunei Darussalam), yaitu pulau Kalimantan. Malaysia merupakan salah satu negara yang ikut mendirikan ASEAN (bersama dengan Indonesia, Filipina, Singapura, dan Thailand).

Nah itulah negara-negara yang memperingati hari kemerdekaannya di bulan Agustus selain negeri tercinta Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi negara yang belum disebutkan (lebih dari 20 negara), hanya saja ketujuh negara-negara di atas adalah perwakilan dari beberapa benua. Kemerdekaan merupakan hak setiap bangsa. Mereka berhak menentukan masa depan negaranya sendiri. Mari kita berdo' semoga tidak ada lagi penjajahan di atas dunia ya guys. Merdeka! Merdeka! Merdeka!