Gorengan adalah makanan yang tak bisa lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Meskipun banyak sumber yang menyebutkan bahwa gorengan itu kurang sehat, tetap saja olahan makanan yang satu ini jadi favorit untuk menjadi menu berbuka puasa.

Sebagaimana diketahui, dari sudut pandang kesehatan, gorengan terlalu banyak mengandung kadar lemak yang berpotensi memicu munculnya berbagai macam penyakit. Diabetes, Kanker, serangan jantung dan obesitas adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gorengan. Meskipunrisiko kesehatan dari olahan makanan satu ini cukup besar, namun gorengan tetap tak dapat dipisahkan dari keseharian kita.

Karena itu,kamu perlu membuat gorengan dengan cara yang lebih sehat. Dengan begitu setidaknya kamu dapat meminimalisir risiko berbagai penyakit akibat gorengan. Dilansir dariklikdokter.com yang dikutip olehliputan6.com(19/5/18), berikut inisyaratgorengan sehat.

1. Membuat gorengan sendiri.

Gorengan yang dibuat sendiri tentunya lebih terjamin dari segi kebersihan bahan makanan yang digunakan. Karena akan dikonsumsi sendiri, kamu tentu akan lebih selektif dalam memilih bahan-bahan pendukung, seperti minyak yang akan digunakan untuk menggoreng.

2. Menggoreng tak terlalu lama.

Suhu panas minyak untuk menggoreng bisa kamu atur sedemikian rupa, dan kalau bisa nyala apinya sedang-sedang saja. Berdasarkan penelitian yang ada, jika suhu panas minyak yang digunakan tinggi, maka akan terbentuk senyawa akrilamidayang merupakan senyawa penyebab munculnya risiko serangan jantung dan kanker. Menggoreng juga tak perlu terlalu lama. Kalau sudah berwarna coklat keemasan, maka langsung diangkat dan tiriskan.

3. Minyak yang digunakan harus baru.

Sangat tak dianjurkan menggunakan minyak bekas pakai untuk membuat gorengan. Apalagi jika minyak tersebut telah berwarna gelap dan pekat. Penggunaan minyak untuk menggoreng maksimal adalah tiga kali dan telah berubah warna. Dengan demikian, ketika akan menggoreng yang keempat kalinya, kamu harus menggunakan minyak baru.

4. Mengeringkan gorengan dengan tisu.

Tisu yang digunakan haruslah tisu makanan. Sisa-sisa minyak yang masih menempel di gorengan harus diserap dengan menggunakan tisu. Dengan demikian, jumlah minyak yang kamu konsumsi akan jauh berkurang.

Meskipun telah diolah sedemikian rupa dengan cara yang lebih sehat, tetap saja tak dianjurkan mengonsumsi gorengan secara berlebihan karena ada dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, akan lebih baik jika ada kombinasi makanan lain untuk menetralisir, yaitu buah-buahan dan makanan yang lebih segar dan sehat.