Apakah kamu sering mengalami darah rendah?Atau sebaliknya, kamu justru mengalami tekanan darah tinggi?

Artikel ini akan memberikan tips untuk mengendalikan tekanan darah kamu. Adabeberapa pengobatan rumahan paling umum yang dikutip dari Healhtline.com, sebagai berikut:

1. Melakukan diet sehat.

Diet sehat bagi jantung sangat penting untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.Ini juga penting untuk mengelola tekanan darah agar dapat mengurangi risiko komplikasi.Komplikasi ini termasuk penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.Diet jantung menekankan makanan yang meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak seperti ikan.

2. Meningkatkan aktivitas fisik.

Untuk mencapai berat badan yang ideal maka harus lebih aktif secara fisik.Selain membantumengurangi berat badan, olahraga dapat membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah secara alami, dan memperkuat sistem kardiovaskular kamu.Rekomendasi aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan sekitar 150 menit setiap minggu atau setara dengan 30 menit dalam lima hari.

3. Menjaga berat badan normal.

Jika kamu kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan melalui diet yang menyehatkan jantung dan meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

4. Mengelola stres.

Olahraga adalah cara yang bagus untuk mengelola stres.Kegiatan lain juga bisa bermanfaat, antara lain meditasi, pijat, relaksasi otot dan yoga.

Caratersebut adalah teknik yang terbukti mengurangi stres.Tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi tingkat stres.

5. Gaya hidup yang lebih bersih.

Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti.Zat kimia dalam asap tembakau merusak jaringan tubuh dan mengeraskan dinding pembuluh darah.

Jika kamu secara teratur mengonsumsi alkohol terlalu banyak atau memiliki ketergantungan alkohol, cari bantuan untuk mengurangi jumlah yang kamu minum atau hentikan sama sekali.Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Salah satu cara termudah untuk mengobati hipertensi dan mencegah kemungkinan komplikasi adalah melalui diet.Apa yang kamu makan bisa sangat membantu mengurangi atau menghilangkan hipertensi.

6. Kurangi makan daging dan tingkatkan makanan nabati.

Pola makan nabati adalah cara mudah untuk meningkatkan serat dan mengurangi jumlah natrium dan lemak trans jenuh serta tidak sehat yang kamu ambil dari makanan susu dan daging.Tingkatkan jumlah konsumsi buah, sayuran hijau, dan biji-bijian yang kamu makan. Alih-alih daging merah, pilihlah protein tanpa lemak yang lebih sehat seperti ikan, unggas, atau tahu.

7.Kurangi natrium makanan.

Orang dengan hipertensi dan mereka yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung mungkin perlu menjaga asupan natrium harian mereka antara 1.500 mg dan 2.300 mg per hari.Cara terbaik untuk mengurangi natrium adalah memasak makanan segar lebih sering.Hindari makan di restoran atau makanan dalam kemasan yang sering kali mengandung banyak sodium.

8. Kurangi permen.

Makanan dan minuman manis mengandung kalori kosong tetapi tidak memiliki kandungan gizi.Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis, cobalah makan buah segar atau sedikit cokelat hitam yang belum terlalu dimaniskan dengan gula.Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat hitam secara teratur dapat mengurangi tekanan darah.

9. Tetapkan tujuan penurunan berat badan.

Alih-alih tujuan sewenang-wenang untuk "menurunkan berat badan," bicarakan dengan dokter kamu tentang berat badan yang normal maupun ideal untukmu.Centers for Diesease Control and Prevention merekomendasikan penurunan berat badan 500 gr atau 0,5 kg dalam seminggu.

Hal ini dapat kamu mulai dengan mengkonsumsi 500 kalori lebih sedikit per hari dari yang biasanya kamu konsumsi.Selain mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi, mulailah untuk melakukan aktivitas fisik yang konsisten setiap harinya.Jika berolahraga lima kali dama seminggu terlalu berat, kamu bisa menambahkan jadwal lagi agar durasi olahraga lebih sedikit.

10. Periksa tekanan darah kamu secara teratur.

Cara terbaik untuk mencegah komplikasi dan menghindari masalah adalah dengan mengetahui hipertensi sejak dini. Kamu dapat datang ke dokter untuk memeriksa tekanan darah atau doktermu mungkin memintamu untuk membeli Tensimeter dan membacanya di rumah.Simpan riwayat pengukuran tekanan darah kamu dan bawa ke dokter pada saat pemeriksaan rutin.Hal ini dapat membantu dokter kamu melihat kemungkinan masalah sebelum kondisinya makin berkembang.