Beberapa dari kita mungkin pernah atau bahkan sedang menyiapkan event besar atau acara lain yang butuh banyak biaya. Memang biaya merupakan hal yang paling krusial dalam menyiapkan sebuah acara. Namun, biasanya tak banyak sumber dana yang dapat memenuhi kebutuhan pengeluaran. Hal inilah yang sering membuat panitia kebingungan dalam memenuhi kebutuhan anggaran. Apalagi kalau biaya yang dibutuhkan harus segera diperoleh dalam waktu yang singkat. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, cara-cara ini dapat menjadi solusi dalam mengumpulkan dana secara cepat dan tentunya sambil mengasah kreativitas kita.

1. Menjual makanan.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

cookpad.com

Berjualan makanan memang merupakan ide yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Selain itu, banyak variasi cara dalam berjualan makanan, misalnya Open Pre Order, berjualan dengan stand, atau jualan makanan keliling. Makanan yang dijual pun bisa bermacammacam, seperti snack, minuman, makanan yang sedang nge-hits hingga makanan berat. Kalau makanan yang kamu jual unik dan murah, dijamin laku deh dagangan kamu.

2. Menjual merchandise.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

nuansafajar.co.id

Berjualan merchandise ini lumayan ampuh untuk dicoba karena biasanya kita bisa ambil untung yang lebih besar daripada jualan makanan. Barang yang dijual pun bisa bermacammacam, misalnya sticker, gelang, gantungan kunci, kaos, botol minum, hoodie, tas serut, topi, kalender dan sebagainya. Nah, jualan merchandise ini juga akan lebih menarik minat pembeli kalau ada harga paket, tetapi tetap harus memperhitungkan keuntungan ya dalam menentukan harga paket.

3. Menjual produk kecantikan.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

theeverygirl.com

Pada zaman sekarang ini, produk kecantikan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebagian besar kaum wanita. Produk kecantikan seperti berbagai jenis masker, lipstick, parfum, dan lain sebagainya kini sedang sangat marak di pasaran. Berjualan produk kecantikan tentunya akan sangat laris karena memang sangat diminati dan untungnya pun lumayan besar.

4. Memanfaatkan momen tahun ajaran baru.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

feedram.club

Nah, cara ini bisa dipakai di kalangan mahasiswa, khususnya pada saat masa masuknya mahasiswa baru (maba). Beberapa universitas tentunya mengharuskan maba untuk menggunakan / membawa atribut tertentu, seperti seragam, dasi, caping, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjual atributatribut tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menjual bukubuku semester awal kepada adikadik yang baru masuk. Ada juga beberapa universitas yang mengadakan kegiatan keakraban outdoor. Nah, kamu juga bisa membuka jasa sewa atau jual perlengkapan kemah, seperti tikar, sleeping bag, tali pramuka, peluit, dan lain sebagainya.

5. Menjual kado wisuda.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

twsflorist.co.id

Tak hanya tahun ajaran baru, event wisuda juga bisa menjadi sarana dalam mencari dana. Kamu bisa menjual berbagai jenis kado wisuda, seperti bunga, snack bouquet, boneka, atau balon wisuda. Menjual kado wisuda juga tidak terlalu sulit, kamu bisa merangkai bunga/makanan sendiri atau meminta penjual pertama untuk merangkaikannya secara langsung.

6. Jasa secret admire.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

blibli.com

Cara ini mirip dengan berjualan kado wisuda. Namun, di cara ini kamu dapat berperan sebagai agen penyalur bunga, coklat, surat, atau barang lainnya yang merupakan titipan dari seseorang yang harus diberikan kepada orang lain. Biasanya pencarian dana dengan cara ini akan sangat laris di hari Valentine, tetapi di luar hari itupun juga dapat dicoba karena selain mendapat untung, kamu juga membantu orang lain untuk menyalurkan perasaannya.

7. Jasa titip.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

liputan6.com

Nah, ini salah satu yang lagi hits di kalangan masyarakat. Jasa titip ini bisa dilakukan apalagi kalau kamu suka shopping ke mall, jalanjalan ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri. Jasa titip barangbarang yang diminati tapi sulit ditemukan di daerah kamu tentunya akan sangat laku dan keuntungan yang diperoleh pun akan lumayan besar. Jenis barangnya pun dapat beragam, bisa berupa makanan, pakaian, sepatu, mainan, dan lainlain.

8. Jasa cuci sepatu.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

ishoelaundry.com

Menawarkan jasa ini tentunya tak membutuhkan modal yang besar. Hanya bermodalkan keterampilan dan sedikit peralatan, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Jasa yang paling mudah dilakukan adalah jasa cuci sepatu. Bentuk jasa lain yang juga mungkin dapat dilakukan adalah jasa print, desain, atau bahkan jasa cuci helm dan motor. Hanya bermodalkan air dan sabun, kamu sudah bisa mendapatkan uang yang lumayan banyaklho.

9. Jasa publikasi tes TOEFL.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

ions-education.com

Pencarian dana yang satu ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan bimbingan belajar (bimbel) Bahasa Inggris. Banyak dari bimbel bahasa Inggris yang sering mengadakan tes TOEFL dan mereka pun juga mencari banyak peserta. Kamu bisa bekerja sama dengan mereka sebagai agen publikasi dari tes TOEFL tersebut. Pencarian dana ini mungkin bisa juga masuk ke dalam salah satu ide sponsorship.

10.Live music.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

pledgemusic.com

Untuk kamu yang punya hobi bernyanyi dan bermain musik, bisa juga memanfaatkan hobi yang kamu miliki untuk mencari dana. Beberapa caf atau rumah makan membuka kesempatan tampil dalam live music untuk menghibur pelanggan mereka. Dari kegiatan tersebut, kamu dapat mengembangkan hobi sembari mengumpulkan dana. Dijamin asyik deh.

11.Garage sale.

Bingung nyari dana buat ngadain acara? Cobain cara-cara ini

satuharapan.com

Cara yang terakhir adalah dengan mengumpulkan baju bekas layak pakai yang kemudian dapat dijual kembali. Beberapa pasar pagi mungkin sering dipenuhi lapak penjual yang menawarkan bermacam-macam baju bekas. Pengorbanan yang harus dilakukan adalah bangun dan berjualan di pagi buta karena disitulah para penjual akan memburu pakaian untuk dijual kembali. Namun, jangan khawatir karena beberapa orang membeli baju bekas tersebut langsung satu karung. Wah, tentunya jadi banyak uang yang bisa didapatkan.

Nah, caracara di atas bisa kamu coba untuk mengumpulkan dana. Namun, apapun cara yang hendak dipilih sebaiknya tetap memperhatikan modal dan jumlah sumber daya manusia yang dimiliki agar dapat melakukan cara tersebut. Selamat mencoba!