Siapa yang tak kenal kelelawar?, hewan kecil ini sering muncul di cerita-cerita horor dengan reputasi yang buruk. Mamalia kecil ini sering digambarkan sebagai monster atau dikaitkan dengan vampire yang jahat dan menyeramkan.

Reputasi buruk yang menimpa kelelawar ini disebabkan karena penampilan fisik dari beberapa jenis kelelawar yang seram. Dibalik penampilan fisiknya tersebut, ternyata kelelawar tidak berbahaya dan mempunyai peranan yang penting di lingkungan. Seharusnya kita sangat berterimakasih kepada kelelawar atas kerja kerasnya dalam penyerbukan yang membuat Anda bisa merasakan manisnya buah mangga.

Setelah mengetahui 5 fakta di bawah ini, Anda akan jatuh cinta kepada hewan ini.

1. Kelelawar membantu penyerbukan lebih dari 300 spesies buah

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film

(Foto: pinterest.com)

Dilansir dari littlethings.com, lebih dari 300 spesies buah, termasuk pisang, alpukat, mangga, dan buah ara bergantung pada kelelawar untuk penyerbukan. Beberapa spesies kelelawar di Afrika, Asia, dan Amerika bermigrasi setiap tahun, dan mereka membawa serbuk sari serta biji-bijian.

2. Mereka adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film (Foto: nature.com)

Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Bukankah sesuatu yang sangat menarik tentang mamalia yang terbang sangat lincah melebihi burung serta bisa jungkir balik di udara dengan sangat gesit. Ya, hanya kelelawar yang bisa melakukannya.

3. Jika diperhatikan, mereka sangat menggemaskan

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film (Foto: instagram @batsqld)

Kalau diperhatikan dari gambar bayi kelelawar di atas, setuju kan kalau tidak semua dari mereka menyeramkan, ada yang justru sangat menggemaskan !

4. Tidak usah khawatir tentang kelelawar pengisap darah

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film

(Foto: quora.com)

Tenang, jenis kelelawar pengisap darah tidak ada di Indonesia. Kalaupun ada, mereka tidak mengisap darah seseram yang Anda pikirkan seperti cara vampire. Dilansir dari littlethings.com, kelelawar vampir menggunakan sensor panas khusus untuk menemukan dan memotong mangsanya. Begitu darah mengalir keluar dari korbannya, kelelawar vampir akan minum apa pun yang keluar. Hebatnya, kelelawar vampir memiliki zat kimia dalam air liur mereka yang mematikan kulit korban mereka, sehingga mereka dapat meminum darah mangsa mereka tanpa korban mereka tahu.

5. Mereka memakan hama

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film

(Foto: earthshare.typepad.com)

Ada banyak jenis kelelawar, banyak diantaranya merupakan kelelawar pemakan serangga atau insectivorous. Dilansir dari defenders.org, 70% kelelawar mengkonsumsi serangga, sebagian besar sebagai pengendalian hama alami.

6. Mereka melakukan grooming

6 Fakta ini bikin kamu jatuh cinta pada kelelawar, tak seseram di film

(Foto: instagram @batsqld)

Seperti kucing, kelelawar sering menjaga bulu lembut mereka!


Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, yakin kamu masih takut kelelawar?