×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berapa lama kita bisa tinggal di planet selain Bumi? Ini jawabannya

0

Ilmiah

Berapa lama kita bisa tinggal di planet selain Bumi? Ini jawabannya

Jangankan buat tinggal, ambil napas saja susah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

03 / 10 / 2019 21:59

Pernahkah kalian membayangkan, dapatkah kita hidup di planet lain selain Bumi? Dan kira-kira berapa lama waktu kita bisa bertahan di sana? Mari kita asumsikan bahwa orang sudah belajar bagaimana cara bernapas di ruang angkasa tanpa peralatan khusus dan juga telah menemukan cara untuk mencapai planet mana pun di tata surya.

Terlepas dari kenyataan bahwa hal tersebut  kemungkinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Dan melihat rencana ambisius besar dari Elon Musk tentang perjalanan ruang angkasa, kita mungkin bisa memulai perjalanan ruang angkasa lebih cepat dari yang kita bayangkan, siapa tahu begitu.

Berikut ini estimasi lama waktu kita isa bertahan di planet lain dalam Tata Surya selain Bumi. 

1. Merkurius – 90 detik.

Merkurius

Loading...

Jika ingin mengunjungi planet ini dan menghindari konsekuensi yang tidak menyenangkan, kalian harus menyediakan penghitung waktu atau timer atau stopwatch. Perubahan suhu di Merkurius benar-benar gila. Siang hari bisa mencapai 800ºF, sementara pada malam hari turun menjadi -290ºF.

Rotasi Merkurius relatif lambat, jadi untuk bertahan hidup, yang kalian butuhkan hanyalah menangkap momen ketika suhu siang hari berubah menjadi suhu malam hari, suhu yang nyaman di antara 800ºF dan 290ºF. Tapi bagaimanapun, 90 detik rasa-rasanya adalah waktu paling memungkinkan kalian bisa efektif ada di sana.

2. Venus – 1 detik.

Venus

Jika mendapatkan kesempatan untuk menginjakkan kaki di Venus, kalian hanya akan memiliki satu detik saja untuk menikmati planet itu. Ngomong-ngomong, menggunakan kata "menikmati" agak tidak pas karena sulit untuk mengatakan dengan penuh keyakinan apa yang bisa dinikmati dari 1 detik tersebut.

Atmosfer planet ini adalah 98% karbondioksida dan tekanannya 90 kali lebih besar daripada di Bumi, ditambah seluruh permukaannya ditutupi oleh awan tebal yang turun hujan yang mengandung asam sulfat. Selain itu, planet ini panas, sangat panas. Suhunya rata-rata mencapai hampir 800°F. Mending tidak usah ke sini.

3. Mars – 80 detik.

Mars

Meskipun Mars adalah kandidat pertama yang terpikirkan untuk kolonisasi luar angkasa kita, waktu terlama kalian untuk tetap di planet ini ternyata hanya sekitar 80 detik. Atmosfernya adalah 95% karbondioksida. Ditambah lagi Mars sangat dingin dengan suhu rata-rata minus 80°F.

4. Jupiter – 1 detik.

Jupiter

Planet terbesar di Tata Surya ini bisa kalian datangi, tapi hanya dalam waktu satu detik. Karena setelah itu “raksasa” ini akan mengejutkan kalian dengan angin kencang dan angin topan yang tidak bisa di-handle oleh tubuh manusia.

Planet ini dikelilingi oleh gas yang pada dasarnya terbuat dari hidrogen dan helium. Ditambah lagi pusaran ekstrem meningkatkan massa gas yang dipanaskan ke permukaan planet yang membentuk kristal salju ammonia. Melihat keadaan begini, rasanya tidak mungkin untuk membayangkan bagaimana orang bisa berdiri dikelilingi lingkungan beracun ekstrem seperti ini.

5. Saturnus – kurang dari 1 detik.

Saturnus

Ini adalah “raksasa” ruang angkasa lain yang bahkan hanya memungkinkan kalian untuk bertahan di sana selama kurang dari satu detik. Terlepas dari awan gas, Saturnus terus-menerus memiliki angin yang sangat kencang yang dapat mencapai kecepatan 1800 km per jam. Saturnus menciptakan tornado ekstrem di permukaannya sehingga tak seorang pun makhluk hidup punya waktu untuk berkedip sebelum berubah menjadi debu kosmik.

6. Uranus – 0 detik.

Uranus

Planet ini ditutupi oleh campuran panas air, amonia, dan metana. Sebenarnya tidak bisa dikatakan berapa lama kita bisa tinggal di planet ini karena kita bahkan tidak punya waktu untuk mendarat di sana, hampir dipastikan bakalan langsung larut dalam campuran ekstrem itu. Karena itu, tidak ada waktu untuk bertahan hidup. Sebagai gambaran, Uranium, yang merupakan zat yang sangat keras, bahkan juga tidak memiliki cukup permukaan yang keras untuk mendarat di sini.

7. Neptunus – kurang dari 1 detik.

Neptunus

Waktu untuk manusia di planet ini juga kurang dari satu detik. Kondisinya yang mengerikan akan menghancurkan objek seperti apapun dalam sekejap, dan itu semua disebabkan oleh angin super kuat yang ada di sana. Angin mengerikan di Neptunus kadang-kadang bisa lebih cepat daripada kecepatan suara. Yah, sudah bisa dibayangkan bukan semengerikan apa angin topan yang bahkan lebih cepat dari suara.

Intinya, saat ini rasanya sudah hampir mustahil bagi kita untuk hidup di planet-planet tersebut. Tidak tahu lagi di masa depan entah kapan, mungkin para ilmuwan bisa menemukan cara untuk kita bisa tinggal di planet lain bahkan sampai berkoloni. Who knows.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red