Salah satu masalah kulit kepala yang sangat mengganggu adalah ketombe (dandruff). Rasa gatal di kulit kepala membuat tangan menjadi selalu "gatal" untuk menggaruknya. Sayangnya, menggaruk kepala sebetulnya bukanlah solusi untuk menghilangkan ketombe meskipun ketombe berjatuhan saat kamu menggaruk kepala. Menggaruk justru membuat kulit kepala bisa terluka karena goresan kuku dan hal ini baru terasa saat keramas, akan ada rasa perih di kepala.

Ketombe kering berupa sisik-sisik putih hingga kekuningan atau kehitaman. Sedangkan ketombe basah berupa sisik-sisik seperti ketombe kering tetapi basah dan agak berbau karena kulit kepala terlalu berminyak sehingga jamur berkembang di kulit kepala. Kedua jenis ketombe ini perlu diobati jika sampo yang kamu gunakan kurang efektif.

Sebelumnya, kamu harus mengetahui apa penyebab ketombe supaya bisa melakukan tindakan pencegahan dan mengurangi tingkat keparahan. Berikut penyebab ketombe yang dikutip dari sebuah jurnal dengan judul Pengaruh Nanas (Ananas Comosus) Terhadap Rambut Berketombe (Dandruff) Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan.

1. Terlalu sering atau jarang keramas

2. Kurang nutrisi zinc

3. Stres

4. Penggunaan kosmetik yang berlebih atau tidak cocok

5. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan

6. Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan radang pada kulit kepala)

7. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentuk sisik perak yang tebal)

Apabila kamu menemukan satu atau lebih penyebabnya, tentunya kamu sudah dapat mencegahnya, bukan? Dan sekarang kamu tinggal mencari solusi untuk memberantas ketombe dari kulit kepalamu.

Tidak ada salahnya juga jika kamu berkonsultasi ke dokter spesialis yang menangani masalah kulit kepala dan rambut apabila kamu merasa sangat terganggu oleh masalah ketombe di kepala kamu. Namun, jika ingin cara yang lebih ekonomis, kamu bisa mencoba membuat resep untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami dari bahan dapur kamu dan tentunya murah meriah, yaitu dengan menggunakan buah nanas dan jeruk nipis.

Berikut ini bahan untuk menghilangkan ketombe:

1. Siapkan sari buah nanas 100-125 ml.

Untuk mendapatkan sari buah nanas, caranya gampang:

- Kupas nanas hingga bersih, termasuk mata nanas (bulatan-bulatan kecil di seluruh kulit nanas) itu dicungkil, hingga nanas benar-benar bersih.

- Buah nanas dicuci bersih

- Buah nanas diparut

- Hasil parutan buah nanas diperas

2. Siapkan air jeruk nipis 10 tetes.

3. Campurkan sari buah nanas dan air jeruk nipis.

Cara pengaplikasiannya:

1.Campuran sari buah nanas dan jeruk nipis dioleskan ke kulit kepala.

2.Diamkan sekitar 10-15 menit hingga bahan meresap. Kamu boleh menggunakan hair cap jika diperlukan.

3.Cuci bersih dengan sampo sekitar 5 ml.

Formula di atas adalah sebuah formula yang dikutip dari sebuah jurnal dari journal.unnes.ac.id dengan judul Pengaruh Nanas (Ananas Comosus) Terhadap Rambut Berketombe (Dandruff) Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan.Penelitian tersebut memilih bahan baku utama nanas karena selain mengandung 90% air, nanas juga kaya akan Kalium, Kalsium, Iodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, dan Vitamin Eserta Enzim Bromelin.

Berdasarkan pengalaman penulis yang pernah memiliki masalah ketombe ringan, dengan penggunaan dua kali bahan dapur di atas masalah ketombe dapat teratasi dengan hasil yang sangat baik. Artinya, kulit kepala bersih dari ketombe dan tidak ada rasa gatal di kepala. Perlu diingat bahwa kondisi kulit kepala dan rambut setiap orang tentunya berbeda satu dengan yang lain.

Sekadar saran saja, apabila kamu adalah orang yang menyukai kepraktisan dan tidak ada waktu untuk menyiapkan bahan-bahan di atas, kamu juga bisa mencari produk kosmetik natural untuk rambut yang menggunakan bahan alami buah nanas dan atau jeruk nipis. Dan apabila formula di atas tidak terlalu efektif untukmu, kamu bisa mencoba cara lain atau berkonsultasi pada dokter.

Selamat mencoba!