×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 cara untuk mengelola sampah dengan bijak

0

Life

Begini 5 cara untuk mengelola sampah dengan bijak

Mulai dari diri sendiri dan mulai sekarang juga ya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhammad Ananda Admaja

28 / 01 / 2019 13:48

Mendengarkata 'sampah' saja sudah terbayang mengenai suatu benda yang menjijikkan, tidak mampu dipakai lagi, banyak belatungnya, dan banyak menimbulkan bau busuk. Ya, sampah merupakan suatu problematika yang sangat besar di berbagai negara di dunia. Sampah terlalu banyak menggunung dan tidak mampu ditampung lagi.

Efek jangka panjang dari sampah ini banyak sekali, mulai dari penyakit, kondisi pencemaran yang semakin meningkat, sampai menurunkan estetika dari suatu daerah. Hal ini tentu sudah menjadi concern tidak hanya pemerintah, namun juga dari masyarakat sendiri. Hmm, tahukah kamu bagaimana cara mengelola sampah yang bijak? Berikut caranya.

1. Reduce, kurangi sampahmu.

Pengurangan sampah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah sampah ini. Dengan adanya pengurangan sampah yang dihasilkan, tentu akan mengurangi sampah yang menumpuk di masyarakat. Bagaimana caranya? Gunakan selalu barang barang yang bisa dipakai berulang, misalnya dengan totebag saat belanja, menggunakan kotak makan, dan lainnya. Selalu hindari penggunaan single use yaa.

 

Loading...

2. Reuse, gunakan kembali barang barang yang ada.

Penggunaan kembali barang barang yang sudah dipakai juga bisa membantu dalam menangani masalah sampah loh. Misalnya kita harus menggunakan kembali tempat gelas sebagai wadah pensil, menggunakan sisi kertas yang masih kosong, dan banyak lagii. Intinya dipakai lagi deh.

 

3. Recycle, daur ulang sampah kita.

Selanjutnya adalah daur ulang sampah kita menjadi barang yang dapat digunakan kembali seperti kertas daur ulang, botol daur ulang, dan lainnya.

 

4. Energy Recovery, yuk hasilkan energi dari sampah.

Saat ini penumpukan sampah yang terdapat di berbagai negara ternyata menyimpan potensi energi yang besar loh. Misalnya dalam pembakaran plastik dengan incinerator akan menghasilkan gas yang mampu dikonversi menjadi energi.

 

5. Landfill, buang sampah yang benar yaa!

Nah, hal terakhir yang dilakukan adalah membuang sampah yang tidak mampu diolah kembali ke Tempat Pemrosesan Akhir untuk nantinya dilakukan penimbunan. Ingat, hanya sampah yang tidak dapat dimanfaatkan lagi ya yang dibuang.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red