×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Baratan, pesta unik menyambut Ramadhan

0

News

Baratan, pesta unik menyambut Ramadhan

Ini keunikan dan rahasia pesta menyambut Ramadhan di Jepara.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lina Alfiatur Rochmania

18 / 05 / 2018 14:26

Belum banyak masyarakat Indonesia mengetahui tentang Pesta Baratan yang selalu diadakan di Jepara setiap tahunnya. Padahal Pesta Baratan juga merupakan produk budaya Jawa yang kental dan perlu dilestarikan. Dan yang menjadikan Pesta Baratan ini lebih spesial ialah perayaan ini hanya dapat dijumpai di kecamatan Kalinyamatan Jepara  pada malam Nisfu Sya’ban (Kalender Hijriyah), 15 hari menjelang dimulainya ibadah puasa bagi umat Islam.

Sebenarnya ritual dalam Pesta Baratan cukup sederhana, yaitu setelah shalat maghrib, umat Islam desa setempat melakukan kegiatan membaca surah Yaa-siin tiga kali baik secara berjamaah di Masjid maupun di rumah masing-masing kemudian dilanjutkan dengan salat Isya’ dan membaca do’a Nisfu Sya’ban. Selanjutnya dimulailah arak-arakan Ratu Kalinyamatan dan Sultan Hadirin yang merupakan tokoh yang sangat diagungkan sebagai figur pahlawan di Jepara. Lalu anak-anak muda di setiap penjuru desa akan mengelilingi desa dengan membawa lampion kertas atau obor dengan menyuarakan sholawat-sholawat Nabi atau ungkapan-ungkapan khas desa setempat seperti “dilaumbul.. gelis mumbul..” dan lainnya.

Di samping memiliki unsur peringatan untuk mengenang sosok Ratu Kalinyamat, Pesta Baratan mempunyai unsur-unsur Islami yang tak banyak diketahui selain bertepatan dengan peringatan Nishfu Sya’ban. Nah, berikut ini penjelasannya.

1. Asal-usul istilah Baratan.

baratan

Loading...

Rupanya, kata “Baratan” berasal dari bahasa Arab yaitu Baraah atau Berkah yang memiliki makna keselamatan dan keberkahan. Ada juga yang mengatakan bahwa istilah Baratan berasal dari kata baraatan yang artinya lepas atau merdeka. Karena itulah mengapa pesta Baratan juga identik dengan perayaan menyambut Ramadhan, saat di mana seluruh umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan dan membebaskan diri dari dosa atau hal-hal yang negatif dan sia-sia.

2. Kuliner khas “Sego Puli”.

sego puli

Sego puli atau nasi puli ini biasanya dimakan secara bersama-sama (bancaan) sebelum dilepaskannya arak-arakan. Nasi puli terbuat dari bahan beras dan ketan yang ditumbuk halus dan dimakan dengan kelapa yang dibakar atau tanpa dibakar. Banyak orang yang belum tahu bahwa ternyata nama “puli” berasal dari bahasa Arab “afwulii” yang artinya “maafkan aku”, karena orang Jawa senang menyederhanakan kata, akhirnya yang terkenal adalah puli. Bahkan nama makanan juga mengandung arti yang mendalam ya.

3. Islamisasi budaya.

ratu kalinyamat 2018

Banyak yang mengira bahwa pesta Baratan identik dengan ritual mistis pemilihan Ratu Kalinyamatan karena proses pemilihannya yang ketat dan cukup rumit. Hal ini seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya dengan dandanan yang mewah seperti gambaran sosok asli Ratu Kalinyamatan. Namun pada tahun 2018 ini rupanya ada perubahan pada penampilan sosok pemeran Ratu Kalinyamatan dalam arak-arakan, yaitu dandanannya yang mengenakan hijab. Tak ayal banyak kalangan yang menyambut baik perubahan tersebut sebagai bentuk Islamisasi budaya yang positif.

Itulah beberapa hal yang menarik dan belum banyak diketahui dibalik Pesta Baratan. Selamat Ramadhan!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red