×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
'Babi Jepang', spesies baru Kuda Laut yang seukuran beras

0

Binatang

'Babi Jepang', spesies baru Kuda Laut yang seukuran beras

'Babi Jepang' atau Hippocampus japapigu merupakan spesies baru kuda laut yang ditemukan di perairan Jepang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ammalee Maida

15 / 08 / 2018 09:25

Baru-baru ini peneliti dari AS menemukan spesies kuda laut baru di perairan Jepang. Spesies baru ini memiliki keunikan dalam warna dan ukurannya. Para ilmuwan menamainya Hippocampus japapigu yang merupakan bahasa Latin untuk "Babi Jepang". Nah, keistimewaan spesies "Babi Jepang" ini antara lain.

1. Berukuran sebesar sebulir beras.

Ukuran spesies ini sangat kecil, yaitu sebesar bulir beras. Hal ini membuatnya disebut sebagai kuda laut pigmy (kerdil). Ukuran yang kecil tersebut memiliki manfaat, yaitu dapat menghindari predator. Binatang ini sering tak terlihat dan terabaikan, bahkan oleh manusia karena ukurannya yang sangat kecil.

2. Warna-warni.

Kuda laut ini berwarna-warni dan tinggal di perairan dangkal serta berbaur dengan bebatuan yang tertutup alga. Profesor sekaligus kurator ikan, Kevin Conway di Texas A&M University menyebutkan bahwa warna spesies ini sangat istimewa. Dikutip dari National Geographic, Jumat (10/08/2018), ia mengungkapkan bahwa spesies ini seperti kuda laut yang mengenakan pola paisley. 

Loading...

3. Bentuk punggung ganjil.

Kuda laut ini memiliki bentuk punggung ganjil yang terbuat dari tulang-tulang segitiga yang berbeda dengan kuda laut lainnya.

Tujuan bentuk punggung ini masih tidak jelas. Dugaan mengarah sebagai bentuk evolusi cara untuk menarik pasangan. Karena bentuk tulang punggung tersebut membuatnya seperti punya sepasang sayap yang belum diketahui fungsinya.

4. Insang.

'Babi Jepang' ini hanya memiliki satu celah insang. Hal ini berbeda dengan kuda laut lain yang biasanya punya dua celah insang. Letak celah insangnya ada di punggung bagian atas. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red