Saat kamu tiba-tiba kelilipan oleh debu jalanan, rasa perih dan gatal langsung menyerang mata bahkan hingga berjam-jam. Secara refleks, kamu pasti akan langsung mengucek mata kamu dengan harapan rasa gatal akan menghilang, kan?

Faktanya, kebiasaan mengucek mata justru dapat memperparah rasa gatal, lho. Menurut Nici Singletary, MD., FACEP dari American Red Cross Scientific Advisory Council, menyebutkan bahwa kebiasaan sepele ini dapat membuat kotoran dan partikel asing menyebar ke seluruh permukaan mata. Hasilnya, mata menjadi merah dan justru terasa perih.

Selain itu, masih ada efek buruk lainnya jika kita terbiasa mengucek mata. Mau tahu apa saja?

1. Infeksi mata.

Hal yang paling jarang diperhatikan saat mengucek mata yaitu soal kebersihan tangan.Tangan yang kotor dan dipenuhi bakteri akan membuat mata terkena infeksi. Hasilnya, bukan lega yang dirasa, namun mata merah dan perih yang malah kamu dapatkan.

2. Cedera atau luka pada kornea.

Menurut Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, mengucek mata ternyata dapat melukai kornea karena tekanan yang dihasilkan 10 kali lebih besar daripada tekanan mata normal.

Selain itu, mengucek mata juga dapat memicu kelainan [i]keratoconus[/i], yaitu suatu kondisi di mana kornea mata melemah dan terdorong ke depan sehingga dapat berubah bentuk menjadi seperti kerucut, atau runcing seperti bola rugby. Hal inilah yang menyebabkan kita kesulitan untuk melihat hingga harus menggunakan kacamata.

3. Pendarahan mata.

Selanjutnya, mengucek mata dapat meningkatkan risiko pendarahan mata hingga timbulnya efek bayangan pada penglihatan. Lagi-lagi,hal ini dipicu oleh tingginya tekanan yang diterima mata saat dikucek sehingga pembuluh darah kecil di sekitar mata pecah. Maka dari itu, yuk berhenti mengucek mata!

4. Glaukoma.

Kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan tekanan pada bola mata bertambah. Nah, salah satu akibat yang harus diwaspadai dari hal tersebut adalah meningkatnya risiko terkena glaukoma. Mengerikan, ya?

5. Kantung mata hitam.

Ternyata, kantung mata hitam tak hanya disebabkan oleh kurang tidur. Mengucek mata juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.Kalau kamu sebal karena dipanggil mata panda terus menerus oleh orang di sekitarmu, coba deh tempelkan kantung teh bekas atau kompres kantung mata dengan es batu. Faktanya, kedua metode tersebut dapat melancarkan aliran darah di area mata sehingga efektif sebagai cara menghilangkan kantung mata.

Walaupun sepele, siapa sangka mengucek mata menimbulkan efek buruk seperti di atas. Daripada mengucek mata, kita bisa mengambil alternatif lain dengan mengompresnya menggunakan air dingin atau memakai obat tetes mata jika gatal tak kunjung reda. Mudah kan?

Ayo, jaga kesehatan mata mulai dari sekarang!