Sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh kalangan mahasiswa untuk melakukan berbagai hal terutama mengerjakan tugas hingga larut malam, bahkan hingga begadang. Mahasiswa dengan begadang adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Bahkan ada yang bilang, kamu bukan mahasiswa kalau belum pernah garap tugas semalaman suntuk dan baru tidur ketika matahari terbit, atau bahkan nggak tidur karena tugasnya harus dikumpul hari itu juga.

Padahal jika kalian tahu begadang itunggak baik untuk dirimu dan yang lebih parahnya, begadang rupanya bisa menjadikan umur kalian pendek. Nah, biar mikir-mikir lagi buat pake sistem itu, berikut potensi-potensi buruk yang akan kamu rasakan jika sering begadang.

1.Tubuh lebih rentan terserangpenyakit.

Kebiasaan begadang ternyata bisa jadi penyebab kematian usia dini lho

Pada saat kita tidur, otak akan memproses metoboisme dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk mengelola stres dan gangguan kejiwaan. Sehingga ketika kamu begadang, tubuhmu yang diforsir untuk terus beraktivitas, meskipun aktivitas gak berat-berat amat namun tetap aja tubuh kamu butuh istirahat untuk memperbaharui sel-sel tubuh dan membuang racun dalam tubuh.Nah, bagi kamu yang sering begadang pasti bakal lebih gampang terkena penyakit. Sebab, begadang ternyata dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Penyakit-penyakit yang biasa menyerang yang sering begadang kongkritnya, seperti penyakit-penyakit ringan contohpilek, demam, batuk dan meriang.

2.Dikit-dikit menguap.

Kebiasaan begadang ternyata bisa jadi penyebab kematian usia dini lho
Duh yang satu ini jangan sampai terjadi padamu ya. Nggak enak kan kalau dibilang masih muda tapi energi sudah loyo. Penyebab gampang ngantuk yakni karena kebutuhanistirahatmumasih kurang. Waktu ideal lamanya tidur yakni 7-8 jam per hari. Tapi karena kamu suka begadang, bisa jadi kebutuhan istirahatnya belum tercukupi.

3. Penyakit diabetes siap menyerang.

Kebiasaan begadang ternyata bisa jadi penyebab kematian usia dini lho



Selain jantung dan stroke, penyakit menyeramkan lain yang bisa menyerang dan merupakan salah satu penyakit yang ingin dihindari oleh kaum wanita adalah penyakit diabetes. Yup, pola tidur yang nggak teratur, apalagi begadang bakal bikin rasa lapar datang di malam hari. Secara tidak sadar untuk menghilangkan rasa lapar itu akan makan. Padahal menurut penelitian dariTulane University School of Medicinemenjelaskan bahwakamu yang suka begadang bakalngalamin penurunan kadar hormon akibat kurang tidur. Sehingga orang yang sering begadang rentan terhadap obesitas.

Nah gimana? Masih pengen begadang nih setelah tahu akibat-akibatnya?