Ketika sebuah pesawat sedang terbang melewati sebuah kota, dan disaat bersamaan kota tersebut sedang dilanda bencana gempa bumi, apakah pesawat tersebut akan terpengaruh dengan gempa bumi? Ini dia jawabanya.

Seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat bernama Ron Wagner menjawab pertanyaan ini seperti dilansir dari website Quora.com, Senin (4/6).

Saat itu, Wagner sedang menerbangkan sebuah pesawat jet VIP dari markas Angkatan Udara Andrews di Washington menuju ke markas Angkatan Udara Blytheville di Arkansas untuk menjemput seseorang yang kemungkinan adalah seorang anggota dewan. Waktu itu malam hari dan ada awan tebal yang menutupi angkasa.

Apakah pesawat yang sedang terbang terpengaruh oleh gempa bumi?

Saat itu Ron dan kru penerbangannya sedang berbicara dengan pemandu lalu lintas udara dan saat itu Ron beserta kru penerbangannya sedang berada di dalam awan kelam dan mereka tidak dapat melihat apa-apa kecuali kegelapan. Saat itu, cockpit pesawat seakan-akan telah dicat hitam.

Lalu tiba-tiba mereka keluar dari awan tersebut. Dibawahnya sangat jelas terlihat ada cahaya di kota. Ron mencoba untuk memberikan laporan kepada pemandu lalu lintas udara bahwa mereka dapat melihat bandara. Namun, saat mereka sedang melihat kebawah dimana cahaya-cahaya tersebut masih terlihat, tiba-tba segalanya menjadi gelap kembali.

Ron beserta krunya mengira bahwa mereka memasuki awan kelam lagi, Ron lalu mencoba untuk melapor kembali ke pemandu lalu lintas udara namun tidak ada jawaban yang mereka dapatkan.Ron beserta krunya lalu mencoba untuk memeriksa posisi mereka di alat navigasi pesawat mereka namun mereka melihat ada bendera merah di alat navigasi pesawat mereka yang berarti bahwa sinyal dari daratan telah hilang. Ron mencoba untuk menghubungi pemandu lalu lintas udara kembali namun seperti sebelumnya, tidak ada jawaban yang ia terima.

Lalu, ketika Ron mencoba untuk mengganti frekuensi sinyalnya tiba-tiba pemandu lalu lintas udara tersebut menghubungi Ron dan kawan-kawan dan mengatakan bahwa baru saja terjadi gempa bumi di bawah yang membuat listrik di darat mati total. Membutuhkan beberapa menit untuk mereka kembali aktif dengan menggunakan listrik darurat.

Jadi, kesimpulannya adalah gempa bumi dapat mempengaruhi kelancaran penerbangan terutama di bagian komunikasi. Namun, secara fisik tidak ada gangguan sama sekali yang diterima oleh pesawat disaat terjadi gempa bumi di daratan.