Pada 19 Juni, kota-kota di Amerika Serikat ramai dengan aneka parade dan festival. Kalau kamu berada di sana dan bertanya, untuk apa semua keramaian itu, mereka akan menjawab "Kami sedang merayakan Juneteenth."

Meski bukan hari libur nasional, Juneteenth adalah hari penting di Amerika Serikat. Istilah Juneteenth merupakan singkatan dari tanggal pelaksanaannya, 19 Juni, June dan Nineteenth. Juneteenth merupakan peringatan Hari Emansipasi atau hari pembebasan Amerika Serikat dari perbudakan.

Mengapa 19 Juni?

Amerika Serikat menjadi negara merdeka pada 4 Juli 1776, yaitu ketika 13 negara bagian Amerika Serikat menyatakan lepas dari kekuasaan kerajaan Inggris Raya dan berdiri sendiri sebagai sebuah bangsa dan negara. Namun kemerdekaan 1776 itu baru kemerdekaan orang-orang kulit putih. Kaum kulit hitam Amerika Serikat masih hidup sebagai budak.

Pada era 1860an, perdebatan tentang penghapusan perbudakan di Amerika Serikat mencapai puncaknya. Pada 1861, 7 negara bagian di Selatan yang masih mempertahankan perbudakan mendeklarasikan negara sendiri yang dinamakan Negara Konfederasi Amerika.

Perang saudara pecah antara Amerika Serikat dan Konfederasi Amerika.

Setelah kemenangan pasukan serikat di pertempuran Antietam (The Battle of Antietam), pertempuran paling berdarah selama perang sipil mengakibatkan hampir 23 ribu prajurit tewas. Presiden Amerika Serikat pada 1 Januari 1863 memproklamasikan Emancipation Proclamation yang menyatakan berakhirnya perbudakan di negara-negara konfederasi.

Sayangnya, informasi tentang proklamasi pembebasan budak itu tidak sampai ke Texas. Para sejarawan menduga, utusan pembawa kabar ke Texas tewas terbunuh dalam perjalanan. Maka rakyat Texas, terutama para budak baru mendengar kabar itu 2 tahun 6 bulan kemudian. Yaitu ketika pimpinan pasukan pihak serikat di bawah pimpinan Mayjend Gordon Granger akhirnya tiba di Galveston, Texas pada 19 Juni 1869.

Peristiwa rakyat Texas mendengar kabar penghapusan perbudakan dari Jenderal Granger inilah yang diperingati sebagai Hari Emansipasi, atau populer sebagai Juneteenth.

Apa yang orang Amerika lakukan ketika Juneteenth?

Ada begitu banyak ragam acara yang diselenggarakan orang Amerika Serikat dalam Juneteenth, yang mana berbeda-beda menurut negara bagian dan kota. Di Milwaukee, ada parade, festival musik jalanan, dan lomba kecantikan Ratu Juneteenth.

1. Lomba nyanyi di Indianapolis.

Apa sih Juneteenth yang seru di Amerika Serikat itu?

2. Parade dan tarian jalanan di Denver.

Apa sih Juneteenth yang seru di Amerika Serikat itu?

3. Piknik dan makan-makan di Pesta Taman, Boston.

Apa sih Juneteenth yang seru di Amerika Serikat itu?

Jika kamu sedang berada di Amerika Serikat sekitar tanggal 19 Juni, kamu dapat berkesempatan menikmati kemeriahan Juneteenth lho!