Ada pendapat yang mengatakan bahwa anak kucing yang baru lahir tidak boleh dipegang oleh tangan manusia. Sebab, tindakan itu bisa menyebabkan induknya tak mau lagi memelihara si anak kucing. Akibatnya anak kucing bisa mati.

Apakah itu benar atau hanya mitos?

Dikutip dari meongku.com, kematian anak kucing dapat disebabkan karena sang induk tidak bersedia menyusui anaknya. Adapun alasan sang induk tidak menyusui sebagai berikut.

1. Induk kucing baru pertama menyusui, merasa masih asing dengan kebiasaan baru sebagai induk.

Anak kucing baru lahir mati jika dipegang manusia, ini penjelasannya

Seperti sindrombaby blueskalau pada manusia. Hal ini dapat diatasi dengan memegang induk serta anak kucing kemudian menstimulasinya untuk menyusui.


2. Induk tidak mengenali bau anaknya.

Anak kucing baru lahir mati jika dipegang manusia, ini penjelasannya

Hal ini disebabkan karena anak kucing terlalu banyak dipegang oleh tangan manusia sehingga memiliki bau manusia. Jika hal tersebut terjadi pada anak kucingmu, maka tetaplah untuk menyatukan keduanya (induk dan anak kucing) hingga si induk mengenali baunya, atau pilihan terakhir adalah anak kucing diberi susu formula khusus dengan menggunakan dot.

Jadi sebaiknya memang jangan terlalu sering memegang anak kucing yang baru lahir, ya. Supaya kucingnya tetap dapat susu dari ibunya.